nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sah! Irjen Anton Charliyan Lepas Jabatan Kapolda Jabar

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 05 525 1769448 sah-irjen-anton-charliyan-lepas-jabatan-kapolda-jabar-K6PZpkln5e.jpg Sertijab rotasi pejabat di Mabes Polri (Foto: Iqbal/Okezone)

JAKARTA - Polri kembali merotasi sejumlah pejabat dengan menggelar serah terima jabatan (sertijab) di Mabes Polri. Rotasi itu ditujukan untuk beberapa Kapolda dan penyematan Korps Raport kenaikan pangkat Pati Polri.

Untuk di ketahui, pergantian posisi di jajaran Polri itu tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/2032/VIII/2017 Tanggal 25 Agustus 2017 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Dalam acara sertijab kali ini, Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan dimutasi jabatan menjadi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri. Sementara Irjen Agung Budi Maryoto yang merupakan Kapolda Sumatera Selatan, mengambil alih posisi jabatan Kapolda Jawa Barat.

Baca juga: Kapolri Terbitkan Surat Telegram, 5 Kapolda Dirotasi

Selanjutnya Irjen Zulkarnaen yang sebelumnya Kapolda Riau, mengisi jabatan Kapolda Sumatera Selatan. Posisi Kapolda Riau digantikan oleh Brigjen Nandang yang awalnya Kapolda Sulawesi Barat.

Sedangkan posisi Kapolda Sulawesi Barat sendiri diserahkan kepada Brigjen Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri.

Terakhir, posisi Kapolda Lampung diserahkan kepada Irjen Suroso Hadi Siswoyo menggantikan yang sebelumnya Irjen Sudjarno. Jabatan lama Suroso merupakan Pati Baintelkam Polri dengan penugasan pada BIN. Sementara Sudjarno kini dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

"Bahwa saya selaku pejabat Polri akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, bahwa saya akan menaati segala peraturan undang-undang dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya dengan penuh pengabdian, kesadaran, dan tanggung jawab," ucap Kapolri Tito diikuti oleh pejabat yang dilantik di Rupatama Mabes Polri, Selasa (5/6/2017).

Adapun penyematan Korps Raport Kenaikan Pangkat Pati Polri sendiri diterima oleh 11 perwira. Mereka dinaikkan satu tingkat dari pangkat sebelumnya. Ke-11 Pati Polri dengan pangkat barunya itu adalah Irjen Abdul Gofur, Irjen Arifin, Irjen Martuani Sormin, Irjen Basarudin, dan Irjen Puji Sarwono.

Selanjutnya yakni Brigjen Eky Hari Fesfyanto, Brigjen Napoleon Bonaparte, Brigjen Asep Syahrudin, Brigjen Ermayudi Sumarno, Brigjen Andean Sonar Sittinjak. Terakhir diketahui mantan Dirkrimum Polda Metro Jaya, menjadi Brigjen Pol Krisna Murti. Saat ini Krisna Murti memikul jabatan baru bintang satu di pundaknya. 

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini