nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

437 Pengungsi Rohingnya di Sumut Tunggu Kepastian Penempatan ke Negara Ketiga

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 17:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 06 340 1770615 437-pengungsi-rohingnya-di-sumut-tunggu-kepastian-penempatan-ke-negara-ketiga-WuxZCP6RlL.jpg Pengungsi Rohingya di rumah penampungan di Medan (Antara/Irsan Mulyadi)

MEDAN - Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara mencatat ada sebanyak 437 pengungsi Rohingya yang kini berada di Sumatera Utara. Mereka masih menunggu kepastian penempatan dari negara ketiga yang mau menerima mereka.

Humas Kanwil Kemenkuham Sumut, Josua Ginting mengatakan, ratusan pengungsi tersebut saat ini dalam pengawasan Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara (Kanwil Kemenkuham Sumut) berkerjasama dengan International Organization for Migration (IOM).

Mereka ditampung 7 lokasi pengungsian dan community house di Medan dan di Deliserdang, Sumatera Utara. Di antaranya di Rumah Detensi Imigrasi Belawan sebanyak 20 orang, Hotel Pelanggi 93 orang, Hotel Top In 61 orang, YPAP 72 orang dan Hotel Graha Ayura 2 orang. Lalu di Hotel Beraspati 127 orang dan Hotel Pelangi Andaman 62 orang.

‎"Hingga saat ini belum ada kepastian kapan ratusan korban konflik di Myanmar itu, akan dikirim ke negara-negara tujuan untuk mendapatkan suaka seperti di Australia dan Amerika Serikat. Untuk penempatan mereka ke negara ketiga tergantung dari IOM sebagai fasilitator mereka dalam mencari suaka," jelas Josua Ginting, Rabu (6/9/2017).

Para pengungsi itu, lanjut Josua, kini sudah melakukan aktivitas pada umumnya seperti warga pribumi. Termasuk anak-anak mereka sudah bersekolah di sekolah terdekat dari lokasi pengungsian. Sebagian dari mereka juga sudah bisa berbahasa Indonesia.

"Untuk opersional semuanya ditanggung IOM, kita cuma memberikan lokasi untuk penampung di Tanah Air ini untuk sementara," tuturnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini