nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Sebut Krisis Kemanusiaan Rohingya Hanya Ramai di Medsos tapi Minim Gerakan

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 06 September 2017 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 06 512 1770273 polri-sebut-krisis-kemanusiaan-rohingya-hanya-ramai-di-medsos-tapi-minim-gerakan-TRRD6iCTxD.jpg Pengungsi Rohingya melintasi jalan berlumpur setelah menyeberangi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh (Reuters/Mohammad Ponir Hossain)

SEMARANG - Polri menyebut krisis kemanusiaan yang melanda muslim Rohingya hanya menuai reaksi di media sosial Tanah Air. Sementara aksi di lapangan masih terpantau minim.

"Isu Rohingya yang ramai hanya di medsos saja. Jadi gerakan di lapangan hampir tidak ada, hanya ada sedikit di Bandung," kata Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M Iriawan, usai rapat koordinasi dengan sejumlah pejabat Polri di Mapolda Jateng, Selasa (5/9/2017).

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, ada pihak-pihak yang sengaja memanfaatkan konflik di Myanmar itu untuk menggangu stabilitas di Tanah Air. Banyak gambar-gambar yang diunggah ke medsos untuk memancing kemarahan warga.

"Di medsos gambar-gambar yang ditampilkan itu tidak semua benar. Itu ada hoaxnya, kita tahulah arahnya ke mana, untuk mengganggu kamtibmas nasional di Indonesia," terangnya.

Untuk itu, warga diminta tak mudah terpancing sebelum mendapatkan informasi yang benar terkait info dan gambar di internet. "Jangan percaya dengan apa-apa yang ada di media sosial. Jangan mudah percaya karena itu banyak hoaxnya," cetusnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini