nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan! Temui TKI di Singapura, Jokowi: Jaga Nama Baik Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 07 September 2017 11:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 07 18 1771042 perhatikan-temui-tki-di-singapura-jokowi-jaga-nama-baik-indonesia-DXzqM7vrvn.jpg Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengikuti acara Temu Kangen dengan WNI di KBRI Singapura, Rabu (6/9/2017) malam. (Foto: dok. Istana Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke negeri tetangga, Singapura. Dalam kunjungan kenegaraan selama 2 hari di Singapura tersebut, Jokowi menemui ribuan warga negara Indonesia (WNI) di sana, termasuk para Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Saat ini, ada sekira 6 juta TKI yang mencari penghasilan di penjuru dunia. Jokowi tidak menampik, dari jumlah tersebut, pasti ada banyak TKI yang mengalami masalah; baik karena masalah di tempat bekerja, majikannya yang tidak benar atau justru masalah dari TKI itu sendiri. Sebagai pemimpin bangsa, Jokowi pun menegaskan satu pesan bagi para TKI di berbagai negara.

"Oleh sebab itu, saya titip kepada kita semuanya, kita ini membawa nama negara, jadi kalau ada masalah tolong sampaikan ke kedutaan besar, ke Pak Dubes saya sudah titip, ke Bu Menteri Luar Negeri kalau ada masalah cepat selesaikan," ujar Jokowi, saat bertemu masyarakat Indonesia di KBRI Singapura dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura. Demikian seperti dikutip dari keterangan resmi Istana Kepresidenan, Kamis (7/9/2017).


BACA JUGA: Usai Bagi-Bagi Sepeda, Jokowi Baca Puisi Patah Hati untuk WNI di Singapura


Begini Antusiasme Warga Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Singapura

WNI di Singapura antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. (Foto: Reuters)  

Presiden Jokowi juga meminta agar sebelum kembali ke Tanah Air, TKI yang memiliki masalah tersebut harus terlebih dahulu menyelesaikan urusannya.

"Urusan gajinya, urusan mungkin yang berkaitan dengan hukum harus selesai dulu supaya nanti tidak ada masalah di kemudian hari. Kita ingin semuanya yang bekerja di luar itu, sekali lagi membawa nama negara sehingga marilah kita jaga bersama-sama nama Indonesia," tutur Presiden.



BACA JUGA: Temui PM Singapura, Ini Empat Isu yang Dibahas Presiden Jokowi 

Begini Antusiasme Warga Sambut Kedatangan Presiden Jokowi di Singapura

WNI di Singapura antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. (Foto: Reuters)

Saat memberikan sambutan, Presiden Jokowi juga memaparkan berbagai kemajuan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan jalan tol, pelabuhan laut, bandar udara dan juga pos lintas batas negara (PLBN). Bahkan Presiden menunjukkan beberapa kondisi terkini dari PLBN Aruk, PLBN Nanga Badau, PLBN Entikong, PLBN Motaain dan PLBN Motamasin

"Kalau tidak bangun kita jadi minder. Sekarang kita tidak boleh minder karena kita lebih baik," ucap Presiden.


Di Sela-Sela Tanam Pohon, PM Singapura Lee Hsien Loong Swafoto dengan Presiden Jokowi di Singapore Botanic Garden

Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Loong berfoto bersama di Singapore Botanic Garden. (Foto: Reuters)


BACA JUGA: Awali Pertemuan, Jokowi Jalan Pagi dan Tanam Pohon Bersama PM Singapura

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini