VIDEO: Kunjungi Singapura, Ini Rekaman Serunya Pertemuan Jokowi dengan Ribuan WNI

Djanti Virantika, Okezone · Kamis 07 September 2017 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 07 18 1771100 video-kunjungi-singapura-ini-rekaman-serunya-pertemuan-jokowi-dengan-ribuan-wni-wIELJY8u3r.jpg Presiden Jokowi dan Ibu Iriana menghadiri acara Temu Kangen dengan WNI di KBRI Singapura. (Foto: Dokumen Istana Kepresidenan)

SINGAPURA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), saat ini tengah berada di Singapura. Ia mendatangi negara tersebut dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura. Jokowi pun bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong di Singapore Botanic Garden pada pukul 07.54 waktu setempat.

Pagi tadi, Jokowi bersama PM Singapura Lee Hsien Loong mengawali pertemuan bilateral mereka dengan berjalan santai di Singapore Botanical Garden. Mereka menanam pohon bersama sebagai penanda eratnya hubungan 50 tahun RI-Singapura. Tak lupa, PM Loong mengajak Jokowi berswafoto.

Di Sela-Sela Tanam Pohon, PM Singapura Lee Hsien Loong Swafoto dengan Presiden Jokowi di Singapore Botanic Garden

PM Lee Hsien Loong mengajak Presiden Joko Widodo berswafoto. (Foto: Sekretariat Presiden)

BACA JUGA: Ini Foto-Foto Kehebohan Ribuan WNI Sambut Presiden Jokowi di Singapura

Dalam kunjungan kenegaraan selama 2 hari itu, Presiden Jokowi juga menemui warga negara Indonesia (WNI) di sana, termasuk para tenaga kerja Indonesia (TKI). Saat bertemu pada WNI, Jokowi memaparkan berbagai kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Kedatangan Jokowi serta Ibu Iriana ini pun mendapat sambutan hangat dari ribuan WNI. Mereka sangat antusias untuk sekadar bersalaman atau mengajak orang nomor satu di Indonesia itu untuk berfoto. Para WNI berbondong-bondong mengeluarkan telefon seluler (ponsel) mereka untuk mengabadikan momen berharga ini.

Kehebohan tersebut juga terekam dalam video yang diunggah oleh akun resmi YouTube milik Sekretariat Negara.

Sumber: YouTube Kementerian Sekretariat Negara RI

Dalam video itu, Jokowi terlihat akrab berbincang langsung dengan para WNI. Ia beserta sang istri langsung mendatangi kerumunan WNI untuk bersalaman serta menyapa mereka. Meski dikawal ketat, rasa antusias para WNI tak surut. Mereka yang berada jauh dari Jokowi dan Iriana berusaha mendekat.

BACA JUGA: Perhatikan! Temui TKI di Singapura, Jokowi: Jaga Nama Baik Indonesia

Setelah bersalaman, pasangan nomor satu di Indonesia itu didaulat menaiki panggung. Jokowi, Ibu Iriana, serta pada WNI yang hadir di KBRI Singapura lalu bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Para WNI yang hadir pun menyanyikannya dengan penuh khidmat.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi memaparkan berbagai kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Ia menceritakan pembangunan jalan tol, pelabuhan laut, bandar udara, dan juga pos lintas batas negara (PLBN) yang kini mengalami perkembangan yang pesat. Jokowi juga menunjukkan kondisi terkini beberapa PLBN, yakni PLBN Aruk, PLBN Nanga Badau, PLBN Entikong, PLBN Motaain, dan PLBN Motamasin.

Mengingat banyaknya TKI yang ada di sana, Presiden Jokowi pun memberikan pesan kepada mereka. Ia mengingatkan, sebelum kembali ke Tanah Air, TKI yang memiliki masalah harus menyelesaikan urusannya terlebih dahulu.

"Urusan gajinya, urusan mungkin yang berkaitan dengan hukum harus selesai dulu supaya nanti tidak ada masalah di kemudian hari. Kita ingin semuanya yang bekerja di luar itu, sekali lagi membawa nama negara sehingga marilah kita jaga bersama-sama nama Indonesia," ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip dari keterangan resmi Istana Kepresidenan, Kamis (7/9/2017).

BACA JUGA: Temui PM Singapura, Ini Empat Isu yang Dibahas Presiden Jokowi

Berbagai hal dilakukan Jokowi dalam kesempatan itu, termasuk membagikan sepeda. Sepeda pun diberikan kepada Gilang, salah satu pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di sana. Presiden ke-7 Indonesia itu juga membacakan sebuah puisi di sana.

Tak lupa, ia mengingatkan masyarakat Indonesia untuk menjaga nama baik negara selama berada di sana. Mereka diminta untuk tak sungkan meminta bantuan kepada Dubes Indonesia di Singapura ataupun Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

“Oleh sebab itu, saya titip kepada kita semuanya, kita ini membawa nama negara, jadi kalau ada masalah tolong sampaikan ke kedutaan besar, ke Pak Dubes saya sudah titip, ke Bu Menteri Luar Negeri kalau ada masalah cepat selesaikan," tukas Jokowi. (DJI)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini