nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bawa Puluhan Potong Kayu dari Taman Nasional Gunung Leuser, 3 Pembalak Liar Diringkus

Wahyudi, Jurnalis · Kamis 07 September 2017 11:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 07 340 1771005 bawa-puluhan-potong-kayu-dari-taman-nasional-gunung-leuser-3-pembalak-liar-diringkus-Smkg9SGg9V.jpg Kayu dari hutan Taman Nasional Gunung Leuser yang sudah diolah para pelaku (Ist)

MEDAN - Tim gabungan Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan Forest Wildlife Protection Unit (ForWPU), berhasil menangkap tiga orang terduga pelaku pembalakan liar, Rabu kemarin siang.

Mereka ditangkap saat membawa kayu olahan hasil penebangan pohon di Barak Gajah, Besitang, yang masuk areal Taman Nasional Gunung Leuser.

Kepala BBTNGL, Misran, menyebutkan ketiga terduga pelaku pembalakan liar itu yakni S, S, dan M. Ketiganya merupakan warga Sawit Seberang, Langkat, Sumatera Utara.

"Mereka kami tangkap sekitar pukul 11.30 WIB kemarin, saat mengendarai sebuah mobil pikap berwarna hitam, dengan membawa sebanyak 52 batang kayu olahan jenis damar berukuran 2 inci x 5 inci x 2,1 meter," sebutnya.

Misran mengatakan, penangkapan ketiga terduga pelaku pembalakan liar ini, mereka lakukan setelah terlebih dahulu melakukan pengintaian selama 10 hari. Misran pun memastikan ketiganya akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku, guna memberikan efek jera.

"Saat ini mereka tengah mengikuti pemeriksaan awal di BBTNGL. Selanjutnya mereka akan kita serahkan Polres Langkat untuk diproses. Kita akan kawal kasus ini, sampai mereka benar-benar di proses sesuai ketentuan yang ada. Mereka harus mendapatkan hukuman yang setimpal. Tidak ada kompromi untuk pelaku pembalakan liar," tegasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini