Image

Demam Panggung Sebelum Tampil Presentasi? Nih, Cara Atasinya

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 08:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 07 65 1771469 demam-panggung-sebelum-tampil-presentasi-nih-cara-atasinya-UpnDIfOqxb.jpg Foto: Getty Images

JAKARTA - Tampil di hadapan orang banyak untuk keperluan presentasi tugas kuliah, atau yang lebih bergengsi lagi, sebuah konferensi pasti membutuhkan persiapan matang. Malah, tak jarang sebelum kamu tampil unjuk gigi, kamu sudah terserang demam panggung.

Oleh sebab itu pentingnya mematangkan konsep presentasi dan persiapan mental sebelum melaju di depan panggung. Latihan dan latihan saja tidak cukup. Perlu strategi dalam latihan-latihan itu untuk menguasai panggung.

Bagaimana sih cara agar tampil memukau dalam presentasi? Begini 3 cara mengatasi demam panggung seperti dilansir dari Inc, Jumat (8/9/2017).

Pura-pura jadi audiens

Jika kamu pernah menghadiri konferensi atau presentasi, maka mungkin kamu kerap menemukan ada beberapa orang yang tidur atau menguap saat ada pembicara di depan. Nah, janganlah menjadi pembicara yang membuat pendengar mengantuk. Posisikanlah dirimu sebagai audiens. Dengan demikian kamu bisa mempelajari tentang bagaimana kamu bisa memaparkan gagasan atau konsepmu dengan cara yang tak membosankan.

Jangan terpaku naskah

Presentasi yang kaku tak lepas dari naskah. Jika kamu ingin membuat penampilan kamu lebih luwes dan menyenangkan, buanglah naskah yang kamu tulis itu. Membuangnya, bukan berarti melupakan. Kamu bisa berlatih menggunakan naskah tetapi jangan terpaku dengan naskah itu. Cobalah bermain kata lagi atau istilahnya, berimprovisasilah!

Luangkan waktu untuk bagian pertanyaan

Ini yang kerap dilupakan ketika kamu berada di atas panggung. Berada di sana, kerap membuat kamu terus bicara dan melupakan poin penting ini. Luangkanlah waktu bagi pendengar kamu untuk bertanya. Dengan mendengar pertanyaan mereka, kamu akan lebih terhubung dengan audiens dan presentasi kamu akan lebih hidup.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini