Image

Di Masa Depan, Bayar Belanjaan Bisa Pakai Kunci Mobil

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Jum'at, 8 September 2017 - 09:15 WIB
Ilustrasi remote mobil (Carscoops) Ilustrasi remote mobil (Carscoops)

PARIS - Saat ini sudah banyak orang yang melakukan pembayaran dengan kartu debit maupun kredit. Pembayaran lewat kartu bisa mempermudah dan mempercepat proses transaksi tanpa harus menunggu kembalian atau mencari uang terlebih dulu. Selain kartu dan uang kini pembayaran juga bisa dilakukan secara online melalui ponsel atau smartwatch.

(Baca juga: Bisa Nyetir Sendiri, Mobil Canggih Ini Siap Antar Lansia Kemana pun)

Di masa depan mungkin transaksi menggunakan uang dan kartu akan mulai berkurang. Pabrikan mobil asal Perancis, DS Automobiles telah memutuskan untuk mengembangkan remote atau kunci mobil yang tidak hanya berguna membuka pintu tapi juga untuk transaksi. Dilaporkan Carscoops perangkat tersebut akan menjadi fitur standar pada model hatchback DS 3 Connected Chic.

Cara menggunakannya sangat mudah, pemilik mobil hanya menempelkan kunci ke mesin electronic data capture (EDC), maka secara otomatis saldo akan berkurang sesuai dengan harga yang harus di bayar. Kunci mobil tersebut akan dilengkapi dengan radio-frequency identification (RFID) untuk memastikan aman dari penipian. Untuk mengisi saldo, pengguna mobil bisa mengisi ulang uang ke dalam kunci melalui aplikasi khusus di smartphone.

(Baca juga: Manfaat Kunci Mobil Immobilizer)

Mark Blundell, direktur pemasaran merek DS untuk wilayah Inggris mengatakan bahwa ini sangat cocok untuk gaya hidup pelanggan DS yang aktif.

"Di DS kami selalu melihat bagaimana kami dapat melengkapi gaya hidup pelanggan kami, di mana tetap terhubung dan dapat berinteraksi dengan dunia hanya dengan sebuah kunci," katanya.

(Baca juga: Canggih, Mengemudikan Mobil Ini Cukup Pakai 1 Pedal Saja)

DS mengatakan akan memantau sentimen pelanggan terhadap kunci tersebut sebelum meluncurkannya ke model lain. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming