nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alhamdulillah! Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Gempa 8,1 SR di Meksiko

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 18 1772023 alhamdulillah-tidak-ada-wni-yang-jadi-korban-gempa-8-1-sr-di-meksiko-p02E42reBO.jpg Foto warga Kota Ciudad de Mexico yang berhamburan keluar rumah karena guncangan gempa (Foto: Reuters)

CIUDAD DE MEXICO – Gempa dahsyat berkekuatan 8,1 skala Richter atau SR (sebelumnya diberitakan 8,2 SR) telah mengguncang wilayah pantai bagian selatan Meksiko. Berdasarkan laporan terbaru, tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang jadi korban atas gempa tersebut.

Gempa itu terjadi pada 7 September 2016 sekira pukul 23.48 waktu setempat (8 September pukul 12.00 WIB). Gempa itu menghantam wilayah lepas pantai Tonala, Negara Bagian Chiapas.

Karena kekuatan gempa yang dahsyat, gedung-gedung di Ibu Kota Meksiko yang berjarak 1.000 kilometer jauhnya bergoyang dengan kencang. ABC.net.au mewartakan, para warga di sana langsung berlarian ke jalanan karena ketakutan dengan guncangan gempa tersebut. Bahkan listrik di sejumlah titik Kota Ciudad de Mexico dikabarkan padam.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko, Berpotensi Tsunami

Gempa ini disebut menyebabkan kerusakan materi yang besar di lokasi dekat pusat guncangan utama. Kerusakan kecil hingga sedang juga terlihat di wilayah Kota Ciudad de Mexico, Estada Mexico dan Morelos. Walau terlihat sejumlah kerusakan infrastruktur di Ciudad de Mexico namun hingga saat ini masih belum ada laporan korban jiwa.

Sebagaimana informasi yang diterima dari Ditjen Perlindungan Warga Negara Indonesia – Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu, Jumat (8/9/2017), sejauh ini tidak ada laporan adanya WNI yang menjadi korban. Namun KBRI Meksiko terus berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk terus memastikan keselamatan para WNI.

BACA JUGA: Gempa Bumi 8,2 SR Guncang Meksiko, BMKG: Tak Berdampak untuk Wilayah Indonesia

Berdasarkan catatan KBRI Meksiko, tidak ada WNI yang menetap di negara bagian Chiapas. Total ada 289 WNI di Meksiko, 190 di antaranya berada di Ciudad de Mexico. KBRI Meksiko telah mengeluarkan himbauan kepada WNI untuk  mengamankan diri dan menghubungi pihak KBRI apabila memerlukan bantuan.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini