nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah! Semenanjung Korea Memanas, Jepang Gelar Latihan Anti-Rudal

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 16:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 18 1772082 wah-semenanjung-korea-memanas-jepang-gelar-latihan-anti-rudal-0ks5QzrD8U.jpg Ilustrasi latihan anti-rudal Jepang. (Foto: Ist/Sindonews)

TOKYO - Jepang untuk kedua kalinya dalam sejarah melakukan serangkaian latihan anti-rudal di pangkalan udara Amerika Serikat (AS) di wilayah Tohoku Utara. Latihan ini dipicu meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat program rudal dan nuklir Korea Utara (Korut).

Sekelompok kru yang berjumlah 30 orang memasang sistem pencegat rudal Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) yang mampu menangkal rudal jarak pendek dan menengah di Pangkalan Udara Misawa, Prefektur Aomori. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama AS-Jepang, dan untuk mempersiapkan militer untuk setiap potensi serangan dari Korut.

Merujuk pada peluncuran rudal yang sukses di Korut, komandan subbase Yoshichika Kawahiro mengatakan bahwa tujuan latihan tersebut adalah untuk memperbaiki operasi rudal pencegat dan taktik Angkatan Udara Pasukan Bela Diri Jepang, serta kerja sama dengan Angkatan Bersenjata AS.

(Baca juga: Duh! Pemasangan Anti-Rudal di Korsel Picu Bentrok, 38 Warga Terluka)

"Alasan tambahan mengapa kami mengumumkan pelatihan PAC-3 adalah untuk dapat membantu mengatasi kegelisahan di antara warga negara Jepang," ujarnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (8/9/2017).

Menurut Kawahiro, penyiapan PAC-3 membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikannya.

(Baca juga: Korsel Sebar 4 Sistem Anti-Rudal Hadapi Korut, Bagaimana Reaksi Rusia?)

Ini baru kedua kalinya Jepang melakukan latihan intersepsi rudal. Yang pertama diadakan pada akhir Agustus di pangkalan udara Iwakuni di Yamaguchi dan Pangkalan Udara Yokota di barat Tokyo. Latihan itu dilakukan hanya beberapa jam sebelum sebuah rudal Korut melewati pulau utara Hokkaido.

Jepang berada dalam siaga tingkat tinggi setelah serangkaian uji coba rudal dan nuklir Korut, termasuk yang melewati wilayahnya. Pada hari Minggu, Pyongyang dilaporkan telah menguji sebuah bom hidrogen, senjata terkuatnya sampai saat ini, yang kekuatannya diperkirakan mencapai sepuluh kali lipat dari bom yang dijatuhkan di Jepang pada tahun 1945.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini