nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TERBARU: Innalillahi! 32 Orang Tewas Akibat Guncangan Gempa Dahsyat Meksiko

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 20:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 08 18 1772303 terbaru-innalillahi-32-orang-tewas-akibat-guncangan-gempa-dahsyat-meksiko-9oRpLLQ2V6.jpg Foto warga-warga Meksiko yang berhamburan keluar rumah usai guncangan gempa dashyat (Foto: Reuters)

CIUDAD DE MEXICO – Setidaknya 32 orang dilaporkan kehilangan nyawanya usai gempa dahsyat mengguncang Meksiko pada Kamis 7 September 2017 waktu setempat. Gempa berkekuatan 8,1 skala Richter itu disebut sebagai salah satu gempa terbesar yang pernah terjadi di Meksiko.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (8/9/2017) Gubernur Negara Bagian Oaxaca, Alejandro Murat, mengatakan bahwa 23 korban tewas berasal dari wilayahnya sedangkan 17 lainnya tercatat di Juchitan.

Juru bicara layanan darurat Meksiko menuturkan, tujuh orang dinyatakan tewas di Negara Bagian Chiapas. Sebelum itu, Gubernur Tabasco, Arturo Nunez, menyebut bahwa dua anak di negara bagiannya menjadi korban jiwa akibat guncangan gempa dahsyat tersebut.

BACA JUGA: Astaga! Jumlah Korban Jiwa Akibat Gempa Meksiko Telah Mencapai 15 Orang

BACA JUGADuka Mendalam! Gempa 8,2 SR di Meksiko Picu Tsunami Kecil, 5 Orang Dilaporkan Tewas

Gempa sangat kuat itu terjadi hingga menggoyangkan gedung-gedung di ibukota Meksiko yang berlokasi 1.000 kilometer dari pusat gempa. Warga yang ketakutan berlarian keluar gedung dalam pakaian tidur dan berkumpul dalam kelompok-kelompok di jalan-jalan. Listrik padam setelah kejadian hingga lingkungan dan tempat tinggal warga diliputi kegelapan.

"Rumah bergoyang seperti permen karet dan jaringan internet sempat terputus," kata Rodrigo Soberanes yang tinggal dekat San Cristobal de las Casas di Chiapas, negara bagian dengan sebagian besar populasi penduduk asli dan miskin yang populer dikalangan para wisatawan.

Gubernur Negara Bagian Chiapas Manuel Velasco mengatakan tiga orang tewas di San Cristobal, termasuk dua perempuan yang meninggal di San Cristobal ketika rumah mereka roboh. Velasco menghimbau masyarakat yang tinggal dekat pesisir pantai untuk meninggalkan rumah mereka sebagai tindakan perlindungan.

BACA JUGAGempa Bumi 8,2 SR Guncang Meksiko, BMKG: Tak Berdampak untuk Wilayah Indonesia)

BACA JUGABREAKING NEWS: Gempa 8,2 SR Guncang Meksiko, Berpotensi Tsunami

"Kerusakan juga terjadi di rumah sakit-rumah sakit yang sudah kehilangan sumber daya energi listrik," katanya. "Rumah-rumah, sekolah dan rumah sakit-rumah sakit mengalami kerusakan."

Gubernur Tabasco Arturo Nunez mengatakan dua anak meninggal dunia di negara bagiannya. Satu anak meninggal tertimpa dinding yang roboh dan satu korban lagi adalah bayi yang meninggal di rumah sakit anak akibat terputusnya aliran listrik hingga mematikan ventilator bayi tersebut.

Badan Geologi Amerika atau U.S. Geological Survey mengatakan gempa bumi mengguncang pada hari Kamis malam (7/9) pukul 11:49 waktu setempat dan pusat gempa terletak 165 kilometer (102 mil) arah barat Tapachula di Chiapas tidak jauh dari Guatemala. Pusat gempa memiliki kedalaman 69,7 kilometer (43,31 mil).

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang pasang setinggi satu meter di atas gelombang pasang terdeteksi di Salina Cruz, Meksiko. Tsunami yang lebih kecil terpantau di pesisir pantai atau sempat terukur oleh alat ukur lautan di beberapa tempat.

Sebelumnya, Sistem Peringatan Tsunami Amerika mengatakan gelombang tsunami yang berbahaya mungkin akan mencapai pantai negara-negara Amerika Tengah termasuk Guatemala, El Salvador, Costa Rica, Nicaragua, Panama and Honduras. Tidak ada ancaman tsunami di pantai Barat Amerika maupun di Samoa Amerika dan Hawaii.

Sementara itu, di Guatemala, Presiden Jimmy Morales yang berbicara di stasiun televisi nasional mengaku telah menerima laporan dampak kerusakan dan satu korban meninggal dunia. Korban meninggal yang belum diketahui identitasnya ini terjadi di Negara Bagian San Marcos yang berbatasan dengan Meksiko.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini