Image

Nasib Perppu Ormas, Pemerintah Serahkan kepada DPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 15:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 337 1772022 nasib-perppu-ormas-pemerintah-serahkan-kepada-dpr-I18jXyPQ0i.jpg

JAKARTA - Draf Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Masyarakat (Ormas) sudah diterima oleh pimpinan DPR RI dan akan segera disidangkan.

Menanggapi hal itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, pemerintah saat ini sudah menyerahkan semua keputusan terkait Perppu ormas kepada DPR.

"Kalau kan sidang Perppu di DPR posisi pemerintah kan sudah mengajukan, jadi ya tinggal bagaimana DPR nantinya. Kita juga harapannya DPR mendukung saja. Kita tau lah urgensinya DPR untuk mendukung, " ujar Pratikno di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

 (Baca juga: Fahri Hamzah: Kalau Perppu Ormas Ditolak DPR maka UU Lama Kembali Berlaku)

Selain itu, Pratikno juga berharap agar Perppu Ormas tidak di tolak oleh DPR untuk menjadi undang-undang. Sebab ia menilai urgensi alasan adanya Perppu tersebut sudah sangat jelas.

"Ya enggak usah ditolak lah, kan urgensinya sudah jelas disampaikan, pak Presiden sudah berkali-kali menjelaskan urgensinya tentang Perppu itu dan tanggapan masyarakat juga positif," jelas Pratikno.

 (Baca juga: Bahas Perppu Ormas, Komisi II Mulai Susun Jadwal dan Mekanisme Pembahasan)

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Menkopolhukam Wiranto mengumumkan Perppu nomor 2 tahun 2017 mengenai ormas pada Rabu 12 Juli 2017. Di mana urgensi diterbitkan Perppu itu mencegah ormas menyebarkan paham anti-Pancasila.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini