nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagikan 3.500 Sertifikat Tanah, Begini Pesan Jokowi ke Masyarakat Bali

Nurul Hikmah, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017 21:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 08 340 1772339 bagikan-3-500-sertifikat-tanah-begini-pesan-jokowi-ke-masyarakat-bali-VNrz2vxRvN.jpg Presiden Jokowi saat mengunjungi Badung untuk menyerahkan 3.500 sertifikat tanah (Foto: Nurul/Okezone)

BADUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyerahkan 3.500 sertifikat tanah kepada masyarakat Bali di Lapangan Puspem Badung, Sempidi, Badung,  Jumat (8/9/2017).

Ribuan sertifikat ini diserahkan secara simbolis kepada sepuluh perwakilan penerima. Secara keseluruh para penerima ribuan sertifikat ini berasal dari lima kabupaten/kota se-Bali, meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar dan Klungkung.

Jokowi kali ini memerintahkan kepada Menteri BPN agar segera menyelesaikan persertifikatan tanah di Indonesia dan kemudian diserahkan kepada masyarakat. "Banyak sekali sengketa, karena belum pegang ini (sertifikat tanah). Kalau sudah pegang ini kan aman, sertifikatnya ada," katanya.

Jokowi juga  berpesan kepada masyarakat Bali yang sudah menerima sertifikat agar menjaganya dengan baik supaya tidak rusak. "Kalau sudah pegang sertifikat tolong diberi plastik. Kalau genteng bocor tidak rusak. Yang kedua tolong di-fotocopy. Kalau hilang biar cepat ngurusnya," ujarnya.

Mantan Gubernur Jakarta ini juga mengingatkan kepada masyarakat kalau sertifikat itu mau dijadikan jaminan di bank agar memerhatian kemampuan dalam membayar. "Kalau mau disekolahkan di bank agar hati-hati. Dihitung dan kalkulasi lagi, dan hati-hati. Biasanya begitu dapat sertifikat langsung ke bank, dapat uang Rp200 juta, langsung Rp100 jutanya beli mobil. Ini yang tidak boleh, jangan diutak-atik untuk kesenangan," katanya.

Pihaknya menegaskan, bahwa sertifikat ini sebagai tanda bukti  hak atas tanah yang harus disimpan oleh masyarakat. "Silakan ke bank enggak apa-apa, tapi jangan sampai hilang," tuturnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini