Image

Ratusan "Siswa Siluman" Ditemukan di Medan, Pemprov Sumut: Jika Terbukti Mereka Harus Dikeluarkan

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 20:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 08 65 1772227 ratusan-siswa-siluman-ditemukan-di-medan-pemprov-sumut-jika-terbukti-mereka-harus-dikeluarkan-xi62zoiPwW.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, berjanji akan menindak oknum yang terlibat dalam kasus temuan ratusan "Siswa Siluman" di dua SMA negeri di Medan.

Menurut Erry, perbuatan mereka jelas menyalahi ketentuan dan tidak bisa dibenarkan. Erry pun telah meminta Inspektorat Provinsi Sumatera Utara untuk memeriksa pejabat penanggungjawab di dua sekolah tersebut.

"Saya sudah perintahkan inspektorat untuk periksa. Ini masih berlangsung, apalagi salah satu kepala sekolahnya kan lagi pergi haji. Nanti begitu pulang langsung diperiksa," sebut Erry di Medan, Jumat (8/9/2017).

Erry juga mengatakan, ratusan "Siswa Siluman" yang kabarnya masih belajar si kedua sekolah itu juga harus segera dikeluarkan. Hal itu penting untuk menjaga integritas pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring (online) yang telah mereka lakukan.

"Ya harus dikeluarkan. Kan mereka masuk tidak lewat jalur resmi. Untuk PPDB onlinenya sendiri tidak ada masalah. Kalau ada temuan, ya temuannya yang kita selesaikan," pungkas Erry.

Sementara itu Kepala Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, OK Henry menyebutkan, mereka sudah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah sekolah yang diduga melakukan penerimaan siswa baru tanpa melewati jalur PPDB online.

Diantaranya SMA Negeri 2 Medan, SMA Negeri 1, SMA Negeri 4 Medan, dan SMA Negeri 13 Medan. Dari hasil pemeriksaan sementara, indikasi pelanggaran ditemukan di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 13.

"Iya baru di dua sekolah itu. Kalau di sekolah yang lain masih kita monitor juga. Ini masih kita periksa dan kalau nanti terbukti akan kita berikan sanksi. Kalau ada pelanggaran pidananya juga akan kita proses ke penegak hukum," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini