Image

Mantap! Siswa SMP Gelar Salat Gaib dan Galang Dana untuk Rohingya

Prabowo, Jurnalis · Jum'at 08 September 2017, 21:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 08 65 1772231 mantap-siswa-smp-gelar-salat-gaib-dan-galang-dana-untuk-rohingya-jFixUguLj8.jpg Salat Gaib. Foto: Prabowo/Okezone

YOGYAKARTA - Aksi peduli tragedi kemanusian warga Rohingya tak hanya dilakukan ormas Islam, tapi juga dari kalangan pelajar di tanah air. Seperti yang dilakukan oleh pelajar dari SMP Muhammadiyah 1 Minggir, Sleman. Mereka juga prihatin dan turut berduka atas tragedi di Rakhine, Myanmar itu.

Usai melaksanakan sholat jum'at di masjid sekolah, mereka melakukan sholat ghoib yang diikuti seluruh siswa putra, karyawan, dan guru. Lantunan doa untuk keselamatan dan kekuatan pada muslim Rohingya dilakukan secara berjamaah.

Tak berhenti sampai disitu saja, mereka selkiler menggalang dana seikhlasnya untuk sesama muslim Rohingnya. Kegiatan sosial dan doa ini dilakukan secara spontan tanpa perencanaan yang matang sebelumnya.

"Meskipun tanpa perencanaan yang matang, namun acara ini tadi berjalan dengan sangat baik, anak-anak juga sangat antusias dan mendukung," kata Ari Hadi Susilo, S.Pd, guru yang membidangi bagian kesiswaan di sekolah itu dalam keterangan tertulis pada Okezone, Jum'at (8/9/2017).

Kegiatan ini, kata dia, diadakan secara insidental. Meski demikian, esensi dari kegiatan ini lebih pada dukungan rasa simpati dan empati yang terjadi. Siswa didik bisa mengambil hikmah dari kegiatan sosial ini.

Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Minggir, Suparyanto S.Pd mengatakan,acara ini di gelar sebagai bentuk dukungan moril kepada korban kemanusiaan di Rohingya serta mengajarkan rasa empati kepada seluruh siswa. Pembelajaran, tidak hanya dalam kelas dan materi tertulis saja, tapi sikap dan kepedulian sesama harus ditumbuhkan siswa didik.

"Semoga apa yang kita lakukan ini bisa sedikit meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Rohingya. Yang tak kalah penting juga, bisa mengajarkan siswa untuk belajar berempati kepada sesama," tandasnya.

Salah satu siswa Dalva Yondra mengatakan meskipun jumlah uang yang terkumpul tidak banyak namun setidaknya bisa membuktikan bahwa pelajar di indonesia peduli terhadap Warga Rohingya. Uang yang terkumpul itu nanti akan disalurkan melalui lembaga yang berkompeten untuk warga muslim Rohingya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini