Image

Nih Strategi Agar Cepat Lulus Kuliah

Siska Permata Sari, Jurnalis · Sabtu, 9 September 2017 - 06:07 WIB
Foto: Ilustrasi Shutterstock Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Bagi sebagian mahasiswa, lulus cepat dari perguruan tinggi merupakan dambaan. Pasalnya, dengan lulus cepat, kamu bisa mengurangi biaya pendidikan yang mahal, dan segera membantu orang tua dengan bekerja.

Namun, sebagaimana mestinya, lulus dari perguruan tinggi itu memerlukan perjuangan dan pengorbanan, apalagi lulus lebih cepat atau tepat waktu. Kerja keras dan tak kenal lelah adalah dua poin yang harus dimiliki bila ingin mencapai itu.

Selain dua poin tadi, ada sejumlah cara yang bisa kamu ikuti untuk lulus lebih cepat. Apa saja sih? Berikut strateginya seperti dilansir dari ThoughtCo, Sabtu, (9/9/2017).

Mengambil SKS maksimal

Salah satu strategi untuk lulus cepat adalah mengambil satuan kredit semester (sks) maksimal per semester. Bila biasanya kamu mengambil 12-18 sks per semester, cobalah untuk mengambil yang maksimal dibolehkan kampus. Dengan begini, kamu bisa mempersingkat waktu kuliah.

Namun, bukan berarti strategi ini tanpa risiko. Kamu membutuhkan komitmen dan tanggung jawab penuh atas keputusan ini. Sebab, kalau kamu menyerah di tengah jalan, strategi ini akan gagal dan membuat waktu kuliahmu lebih lama.

Mengikuti kelas tambahan

Biasanya, saat liburan semester, sejumlah kelas dibuka untuk mengejar ketertinggalan semester sebelumnya. Nah, cara ini bisa kamu ikuti. Cobalah mengambil semester pendek atau kelas malam. Konsekuensinya, kamu harus pandai mengatur waktu dan mengorbankan waktu istirahatmu.

Atur waktu

Untuk melakukan dua strategi di atas, kamu harus memiliki pengaturan waktu yang baik. Menyeimbangkan akademik dan kehidupan pribadi adalah suatu hal yang penting untuk menghindari stres dan perasaan jenuh berkuliah. Oleh sebab itu, manajemen waktu sangat penting bagi kamu yang ingin lulus cepat atau tepat waktu.

Jangan terlalu memforsir

Usaha keras dan gigih memang dibutuhkan untuk mewujudkan impian lulus cepat. Namun, konsekuensi yang besar juga harus dipikirkan. Pasalnya, jika kamu gagal melakukan dua strategi itu, risiko terburuknya adalah gagal menyelesaikan satu semester dan mengulangnya sehingga jangka waktu kuliah bisa lebih panjang. Untuk itu, ketahuilah batasan dirimu.

Selamat mencoba!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming