Image

Bekali Wawasan Nasionalisme, Pangkostrad Minta Mahasiswa Amalkan 4 Pilar

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at, 8 September 2017 - 21:13 WIB
Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi

MEDAN - Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diminta dapat mengamalkan empat pilar negara yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Repuplik Indonesia (NKRI).

"Generasi muda, termasuk para mahasiswa memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga dan membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Edy Rahmayadi di Medan, Jumat (8/9/2017).

Hal tersebut dikatakan Pangkostrad, saat memberikan kuliah umum tentang Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada 2.500 orang Mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes RI di Aula Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes RI Medan.

Pangkostrad menegaskan, para mahasiswa perlu mengetahui semangat dan nilai-nilai kebangsaan yang dimiliki bangsa Indonesia karena mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa Indonesia.

"Pentingnya wawasan kebangsaan dalam memperjuangkan tujuan bangsa dan negara," ujar jenderal bintang tiga itu.

Ia menjelaskan, sebagai kelompok terdidik, mahasiswa diingatkan untuk tidak mudah menyerah yang merupakan karakter kelompok pecundang.

"Sedangkan, orang yang tak kenal lelah berjuang merupakan para juara dan hal tersebut harus menjadi motivasi bagi generasi penerus bangsa Indonesia," ucap mantan Pangdam I/Bukit Barisan itu.

Sementara, Direktur Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan, Ida Nurhayati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangkostrad yang telah berkenan hadir dalam memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan Bela Negara, agar dapat menambah wawasan dan semangat belajar bagi mahasiswa untuk meraih cita-cita.

"Kita sebagai warga Indonesia wajib mengetahui wawasan kebangsaan untuk dapat mengisi kemerdekaan dan menjadikan anak-anak bangsa yang andal dan profesional dalam tugasnya yang dapat dibanggakan oleh bangsa dan negara," kata Nurhayati.

Dalam acara tersebut dihadiri Asops Kasdam I/BB, Dandim 0201/BS, Pejabat teras Kodam I/BB, para Pembantu Direktur (Pudir) Poltekkes, Para Kepala jurusan Poltekkes Medan, dan para Dosen Poltekkes Medan.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming