Image

Pemilik Mobil Harus Punya Garasi, Gaikindo Minta Pemerintah Mengkajinya Lagi

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu, 9 September 2017 - 11:55 WIB
(Foto: Okezone) (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menegakkan aturan yang mengharuskan pemilik kendaraan memiliki garasi. Regulasi yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014 tentang Transportasi ini akan mulai diimplementasikan pada Oktober 2017. Bagi yang mengindahkannya akan diberi sanksi.

(Baca Juga: Aturan Kepemilikan Garasi Kembali Digaungkan, Ini Alasan Pemprov DKI)

Pada Pasal 140 Ayat (1) disebutkan bahwa setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi. Sedangkan pada Ayat (3) mewajibkan setiap orang yang akan membeli kendaraan bermotor memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraan yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.

(Baca Juga: Waduh! Bisa Beli Mobil Kok Tidak Punya Garasi)

Menyikapi aturan ini, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan, dampaknya bisa saja memengaruhi penjualan kendaraan bermotor. Apalagi, Jakarta merupakan wilayah yang menyumbang penjualan kendaraan cukup tinggi.

Dampak lebih lanjutnya, kata dia, akan ada PHK di sektor bisnis automotif. Industri dan bisnis automotif merupakan salah satu penyerap tenaga kerja, tidak hanya di pabrik tapi juga di penjualan dan aftersales, seperti pegawai diler, bengkel, dan lainnya.

Karena itu Jongkie berharap jangan sampai aturan yang baru ini memengaruhi penjualan kendaraan.

"Di sisi lain, kami diminta untuk meningkatkan kinerja penjualan industri automotif agar ada tambahan investasi serta lapangan kerja dengan target untuk meningkatkan ekspor. Tidak ada jalan keluar kecuali pemerintah membahas kembali kebijakan itu," ungkapnya, seperti dikutip dari Koran Sindo.

Selain itu, lanjut dia, syarat kememilikan garasi bagi pembeli mobil belum jelas perinciannya. Pengertian memiliki garasi harus diperjelas karena ada perumahan yang didesain dengan tata ruang yang tidak ada garasinya.

"Saya rasa masih banyak hal-hal yang harus dibahas, karena penerapannya tidak mudah," tegasnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming