Image

Keren! Ini Garasi-Garasi Unik untuk Siasati Ruang Sempit di Rumah

Anton Suhartono, Jurnalis · Minggu 10 September 2017, 12:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 09 15 1772600 keren-ini-garasi-garasi-unik-untuk-siasati-ruang-sempit-di-rumah-ShBtbiAEzI.jpg Garasi unik untuk rumah dengan pekarangan sempit (Gazebox)

JAKARTA - Keterbasan ruang untuk menampung kendaraan merupakan permasalahan klasik di kota besar. Tidak hanya di Jakarta, kota besar di negara lain pun mengalami permasalahan serupa, bahkan lebih kompleks lagi.

Bagi yang tinggal di hunian vertikal, mereka bisa memarkir di halama yang di sediakan khusus. Tapi bagi pemilik mobil yang tinggal di rumah konvensional namun tidak memiliki space untuk garasi, hal ini menjadi persoalan. Mereka bisa saja menyewa lahan tapi pasti harganya tidak murah.

Kondisi ini mendorong kreativitas para pemilik mobil di berbagai negara untuk menyiasati keterbatasan lahan untuk memarkir mobil. Bahkan garasi itu bukan hanya sekadar dibuat karena fungsinya, tapi untuk menghadirkan keindahan.

Di Swiss, sebuah perusahaan konstruksi punya solusi bagi orang yang punya banyak mobil, namun lahan parkirnya tidak luas. Garasi ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di tengah kota tapi lahannya terbatas.

(Baca Juga: Rumah Kecil tapi Punya Banyak Mobil, Garasi Pintar Ini Solusinya)

Cardok, nama perusahaan tersebut, bisa membuat garasi bawah tanah di rumah-rumah. Sistem kerjanya sama seperti lift yang bisa menaik-turunkan mobil. Berbagai jenis mobil, mulai berharga murah hingga supercar, bisa tertampung di garasi praktis tersebut.

 

(Garasi menggunakan sistem lift di Swiss/Cardok)

Dalam kondisi standar, garasi dibuat dalam dua tingkat untuk setiap rumah. Namun bisa ditambah sesuai pesanan. Penambahan dilakukan dengan menggali lebih dalam halaman rumah sehingga bisa menampung lebih banyak mobil.

Sistem ini hanya membutuhkan waktu 30 detik bagi pemilik untuk mengambil mobilnya yang diparkir di bawah tanah. Garasi ini lebih aman dibanding versi konvensional karena mobil tidak akan mudah dicuri. Terlebih lagi garasi ditutup dengan bahan logam kuat yang tidak mudah diakses.

Berbeda lagi dengan konsep garasi yang satu ini. Di rumah warga di Sydney, Australia, lapangan tenis pun bisa berfungsi sebagai garasi. Caranya, dibuat ruang khusus di bawah lapangan tenis untuk menampung banyak mobil. Ini menjadi solusi bagi pemilik rumah untuk mengefisienkan luas pekarangan yang mereka miliki.

(Baca Juga: Unik, Garasi Mobil di Bawah Lapangan Tenis)

Konsep garasi ini menyamai dengan degan film Batman 'The Dark Knight' yang memiliki garasi bawah tanah bernama Bat Garage.

(Garasi di bawah lapangan tenis ala Bat Garage/Motorautohority)

Garasi bawah tanah ini dilengkapi sistem hidrolik yang dapat membuka-tutup secara otomatis. Untuk mencapai ruang bawah tanah terdapat ramp. Garasi bawah tanah ini cukup untuk menampung 10 mobil.

Sementara di Italia, sebuah perusaahan konstruksi, MIKEA Engineering Rosciano, membuat garasi berdesain revolusioner bernama Gazebox. Gazebox merupakan solusi bagi pengguna mobil yang yang tidak memiliki garasi di rumah.

(Baca Juga: Garasi Canggih untuk Parkir Mobil di Halaman Rumah)

Meski diletakkan di halaman rumah, namun garasi model baru ini dapat melindungi mobil dari sinar matahari, hujan, angin, es, bahkan hewan peliharaan. 

Garasi revolusioner itu dibuat menggunakan rangka besi yang menyerupai kipas. Bagian dinding dan atapnya terbuat dari bahan kayu, solid polycarbonate, serat karbon, aluminium, serta plastik motif batu. Gazebox tidak dibuat secara permanen sehingga bisa dilepas ketika pemilik membutuhkan halaman yang lebih luas.

Dimensi Gazebox dirancang sesuai dengan ukuran mobil, mulai dari yang terkecil seperti city car, sedan, hingga sport utility vehicle (SUV). Ukuran ini juga tidak bersifat baku karena masih dapat diubah sesuai keinginan pemilik. Untuk mengoperasikannya pemilik cukup menekan tombol.

Opsi tambahan yang ditawarkan untuk konsumen adalah alarm untuk mencegah pencurian, remote control untuk buka-tutup pintu yang terintegrasi dengan mobil, serta sistem penerangan menggunakan lampu LED yang warnanya dapat berubah-ubah.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini