nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dahsyat! Jumlah Korban Tewas Gempa Dashyat Meksiko Mencapai 58 Orang

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 09 September 2017 04:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 09 18 1772456 astaga-jumlah-korban-tewas-gempa-dashyat-meksiko-mencapai-58-orang-UE4KXxRCqg.jpg Foto: Reuters

JUCHITAN – Jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat yang mengguncang Meksiko dilaporkan telah mencapai 58 orang . Gempa berkekuatan 8,1 magnitudo tersebut adalah gempa terdahsyat yang pernah mengguncang Meksiko dalam setidaknya delapan dekade terakhir.

BACA JUGA: TERBARU: Innalillahi! 32 Orang Tewas Akibat Guncangan Gempa Dahsyat Meksiko

Bencana yang terjadi pada Kamis malam, 7 September itu menghancurkan gedung-gedung, menimbulkan peringatan tsunami dan memaksa dilakukannya evakuasi massal. Gempa kali ini lebih kuat dibandingkan gempa yang meratakan bagian besar wilayah Meksiko dan menimbulkan ribuan korban jiwa pada 1985.

Namun, kali ini kerusakan yang ditimbulkan pada kota-kota di Negeri Sombrero dapat dikatakan terbatas karena pusat gempa lebih dalam dan berada lebih jauh dari Ibu Kota Mexico City. Sebagian besar korban tewas dalam bencana ini jatuh di Negara Bagian Oaxaca terutama di ibu kota negara bagian itu, Juchitan yang berada di dekat pusat gempa.

Bangunan di kota tersebut, termasuk balai kota, hotel, bar dan gedung-gedung lainnya roboh dan rata dengan tanah akibat gempa.

"Situasinya Juchitan sangat genting; Ini adalah saat paling mengerikan dalam sejarah kota," kata Wali Kota Juchitan, Gloria Sanchez sebagaimana dikutip Reuters, Sabtu (9/9/2017).

Seluruh korban tewas berasal dari Negara Bagian Oaxaca dan negara bagian lain yang terletak dekat pusat gempa. Kepala Badan Perlindugan Sipil, Luis felipe Puentes mengatakan Setidaknya 45 orang tewas di Oaxaca, 10 orang di Chiapas dan tiga lainnya tewas di Tabasco.  

BACA JUGA: Alhamdulillah! Tidak Ada WNI yang Jadi Korban Gempa 8,1 SR di Meksiko

Badan Geologi Amerika atau U.S. Geological Survey mengatakan gempa bumi mengguncang pada hari Kamis malam (7/9) pukul 11:49 waktu setempat dan pusat gempa terletak 165 kilometer (102 mil) arah barat Tapachula di Chiapas tidak jauh dari Guatemala. Pusat gempa memiliki kedalaman 69,7 kilometer (43,31 mil).

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini