Image

Di Negara Ini, Hanya Mobil Bermesin Diesel Euro6 yang Boleh Masuk Pusat Kota

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 06:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 10 15 1773206 di-negara-ini-hanya-mobil-bermesin-diesel-euro6-yang-boleh-masuk-pusat-kota-a8wgFykN1T.jpg Ilustrasi kemacetan lalu lintas (Carscoops)

EDINBURGH - Menteri Pertama Skotlandia, Nicola Sturgeon berencana untuk membatasi pergerakan mobil bermesin diesel, terutama model lama di beberapa pusat kota. Adapun kendaraan bermesin diesel yang boleh memasuki pusat kota hanya yang sudah memenuhi standar Euro6. Sedaangkan untuk kendaraan berbahan bakar bensin minimal sudah mengantongi standar Euro6.

Sebagaimana diberitakan Paultan, jika kebijakan tersebut mulai diberlakukan, itu artinya sebanyak 738 ribu mobil diesel dan 244 ribu mobil bensin di Skotlandia tidak akan bisa memasuki pusat kota. Bila tetap nekat melintas maka hukumannya adalah denda sebesar 20 pound sterling 348 ribu per hari.

Skotlandia akan menjadi negara pertama yang menerapkan pelarangan kendaraan mesin diesel di bawah Euro6. Sebagai permulaan pemerintah setempat akan menerapkan aturan tersebut di Kota Glasgow. Kemungkinan akan terlaksana akhir tahun ini. Rencananya pelarangan serupa juga akan di perluas ke kota lain seperti Edinburgh, Aberdeen dan Dundee.

(Baca juga: Mantap, Kanselir Jerman Angela Merkel Berencana Kurangi Efek Pencemaran Udara dari Mesin Diesel)

Untuk melarang kendaraan yang bermesin di bawah standar Euro6 dan Euro3 sepertinya agak sulit, mengingat saat ini sekira dua pertiga mobil taksi masih menggunakan mesin yang tidak sesuai dengan aturan. Maka mau tidak mau pemerintah memberikan dana hibah supaya perusahaan taksi mau menyematkan mesin ramah lingkungan ke masing-masing armadanya.

Sebelum Skotlandia, pemerintah Prancis sudah lebih dulu memiliki rencana untuk menghentikan penjualan mobil diesel dan bensin mulai 2040. Hal tersebut sengaja diterapkan sebagai upaya untuk mengurangi efek gas rumah kaca pada 2050, dan penggunaan bahan bakar fosil.

Menteri Lingkungan Prancis Nicolas Hulot, yakin target itu akan tercapai, pasalnya pabrikan mobil global sudah mengarahkan produknya pada penggunaan motor listrik mulai saat ini. Pada 2020 penggunaan mobil listrik akan lebih massif lagi.

Rencana ini mendapat apresiasi dari aktivis lingkungan Greenpeace, Cyrille Cormier. Meski demikian ia masih mempertanyakan apa saja langkah-langkah yang akan diambil pemerintah untuk mewujudkan target tersebut. Menghentikan penjualan mobil bermesin konvensional bukan perkara mudah.

(Baca juga: Prancis Akan Hentikan Penjualan Mobil Bensin & Diesel)

"Target untuk mengakhiri penjualan kendaraan bermesin bensin dan diesel pada 2040 memberikan sinyal kuat, tapi kami ingin tahu apa langkah pertama yang akan diambil serta bagaimana untuk menjadikan ambisi ini sesuatu yang pada akhirnya tidak berbuah kekecewaan," kata Cormier. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini