Image

Keren! Rayakan Hari Aksara Internasional, Mahasiswa Gelar Baca Buku Bersama dengan 250 Siswa

Agregasi Antara, Jurnalis · Minggu, 10 September 2017 - 12:38 WIB
Siswa Membaca. Foto: Dok Antara Siswa Membaca. Foto: Dok Antara

LAMPUNG TIMUR - Mahasiswa di Kabupaten Lampung Timur memperingati Hari Aksara Internasional dengan menggelar kegiatan membaca bersama siswa di sekolah yang tinggal di tanah register dan selama ini luput dari perhatian pemerintah.

Para mahasiswa yang berasal dari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung tersebut memperingati Hari Aksara Internasional di SDN 2 Sadar Sriwidjaya, Desa Sadar Sriwidjaya, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur.

Sedikitnya 250 siswa asal SD swasta Tanjung Sakti, SDN 2 Sadar Sriwidjaya, MI Nurul Huda Sadar Sriwidjaya, RA Al Istiqomah, RA Darul Huda, SMP Kosgoro 2 Sadar Sriwidjaya di tanah register 38 Gunung Balak mengikuti peringatan Hari Aksara Internasional tersebut.

Seorang mahasiswa, Muhamad Rohman mengatakan, digelarnya peringatan Hari Aksara Internasional dengan membaca bersama siswa sekolah itu bertujuan menumbuhkan minat baca di kalangan siswa yang tinggal di tanah register 38 Gunung Balak.

Menurutnya minat baca siswa sekolah yang tinggal di tanah register 38 Gunung Balak masih rendah ditambah tingginya angka putus sekolah para siswa di daerah tersebut.

"Minimnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan untuk anak-anak di daerah ini juga masih besar. Orang tua di daerah ini juga masih banyak yang berorientasi pada ekonomi dan pendidikan masih dinomorduakan," kata Rohman, baru-baru ini.

Diketahui pula, lanjut dia, di daerah tersebut juga masih minim fasilitas belajar dan perhatian pemerintah daerah. Oleh sebab itu, sambung Rohman, pihaknya berupaya mengedukasi pentingnya pendidikan pada orang tua dan anak-anak yang tinggal di kawasan tersebut.

Sedikitnya 200 eksemplar buku anak-anak disediakan untuk dibaca saat perayaan Hari Aksara Internasional tersebut. Bukan hanya itu, para siswa itu juga diajak untuk menonton film bertema nasionalisme bertajuk "Tanah Surga... Katanya" karya sutradara Herwin Novianto tentang anak-anak di tanah perbatasan negara yang tetap mencintai negerinya, bagaimanapun kondisi negaranya tersebut.

Hari Aksara Internasional atau International Literacy Day merupakan peringatan setiap 8 September yang dicanangkan oleh UNESCO sejak 17 November 1965. Diadakannya peringatan ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya individu dewasa yang buta aksara di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri angka buta huruf masih sekira 2,07 persen atau sekira 3,4 juta jiwa.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming