Image

Jempol! Mahasiswa di Yogyakarta Luncurkan Aplikasi Demi Bantu Pedagang Keliling

Kuntadi, Jurnalis · Minggu, 10 September 2017 - 16:37 WIB
Foto: Ilustrasi Getty Images Foto: Ilustrasi Getty Images

YOGYAKARTA – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi menantang para pedagang untuk memanfaatkan sistem online. Hanya saja aplikasi yang ada kerap menyasar produk yang berada di level atas.

Untuk membantu pedagang keliling memasarkan produk, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat start up aplikasi yang diberi nama YukLarisin.com.

Aplikasi tersebut dikembangkan oleh empat mahasiswa UGM yakni, Oka Priambodo, Ganang Satria Pertama, Roni Fernando, dan Afiffah Nur Mila Husniana.

Salah satu mahasiswa, Oka mengatakan, ide awal ini muncul ketika mereka menemukan pedagang keliling yang mangkal di lingkungan kampus.

Dari situ, mereka merasa terpanggil untuk membantu penjualan para pedagang keliling yang suka mangkal di lingkungan kampus. Sehingga akhirnya mereka membuat terobosan yakni sebuah aplikasi yang sebelumnya telah didiskusikan bersama para pedagang.

"Kita ingin membantu pedagang, karena saat cuaca buruk dagangan mereka tidak laku," ungkap Oka baru-baru ini.

Gagasan tersebut lantas disambut positif oleh para pedagang. Banyak dari mereka yang tertarik bergabung dalam aplikasi tersebut dan memasarkan dagangannya via online.

Sebagian besar pedagang yang telah bergabung adalah pedagang makanan siap saji, perabotan rumah tangga, pakaian, lukisan, dan kerajinan tangan.

Sedangkan yang ditampilkan dalam aplikasi juga beragam. Mulai dari madu hutan, anyaman bambu sampai dengan keripik. Setiap pengunjung yang mengklik produk, nantinya akan langsung terhubung dengan nomor whatsapp customer service.

"Ketika ada pemesanan dari konsumen, pihak pengelola aplikasi akan mengambil barang ke pedagang dan mengantarkannya konsumen," terang Roni.

Untuk mengelola start up ini, mereka juga telah menyediakan tim untuk membantu pedagang dalam memasang produk, foto produk, hingga distribusi. Namun sementara ini, aplikasi tersebut masih berupa situs dan berencana untuk ditampilkan di Google Play serta App Store.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming