Image

Ingin Kuliah di Luar Negeri Tanpa Beasiswa? Nih Deretan Universitas Termurah

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin, 11 September 2017 - 08:30 WIB
KTH Royal Institute of Technology. Foto: Study in Sweden KTH Royal Institute of Technology. Foto: Study in Sweden

JAKARTA - Melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi merupakan impian bagi sebagian besar orang. Namun, biaya kuliah yang mahal kadangkala menjadi kendala untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Pasalnya, biaya kuliah di seluruh dunia rata-rata mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Biaya yang mahal ini tak jarang memupuskan harapan bagi yang ingin melanjutkan studi namun terkendala risalah ekonomi.

Tetapi, tak semua perguruan tinggi itu membebankan biaya yang besar bagi mahasiswanya, lho. Contohnya saja deretan universitas di bawah ini yang masuk dalam jajaran universitas termurah di seluruh dunia. Bahkan, ada yang biaya kuliahnya 0 poundsterling alias gratis. Penasaran? Berikut uraiannya seperti dinukil dari Times Higher Education, Senin (11/9/2017).

Scuola Normale Superiore, Italia

Institusi pendidikan tinggi di Italia ini masuk ke dalam urutan pertama sebagai perguruan tinggi termurah di seluruh dunia. Bayangkan saja, universitas ini membandrol uang kuliah sebesar 0 poundsterling. Jangan pula khawatir soal biaya hidup di Italia. Pasalnya, Scuola Normale Superiore menawarkan bantuan biaya hidup bagi mahasiswanya. Bukan hanya murah, universitas di Pisa ini juga masuk ke peringkat 184 sebagai universitas terbaik di dunia.

Scuola Superiore Sant'Anna, Italia

Masih di Italia, institusi pendidikan tinggi ini berada di posisi kedua. Hampir menyerupai Scuola Normale Superiore, universitas negeri ini juga memasang harga 0 poundsterling alias nol biaya kuliah. Perguruan tinggi yang telah didirikan sejak 1987 ini bahkan menawarkan biaya hidup bagi mahasiswanya. Tak hanya murah meriah, Scuola Superiore Sant'Anna rupanya masuk ke dalam 10 besar sebagai universitas muda yang sukses dan peringkat ke-155 besar sebagai universitas terbaik di dunia.

KTH Royal Institute of Technology, Swedia

Beralih ke Swedia yang notabenenya sebagai tempat mengenyam pendidikan terbaik, rupanya bukan hanya segi kualitas pengajarannya saja. Tetapi juga biaya kuliahnya. Ya, universitas di Stockholm ini juga menawarkan biaya kuliah 0 poundsterling alias nol biaya kuliah. Namun, tidak seperti dua universitas di atas yang menawarkan biaya hidup, di Swedia ini kamu harus membiayai hidup sendiri yang berkisar GBP4.569 atau setara dengan Rp78,5 juta.

TU Dresden, Jerman

Universitas negeri di Dresden, Jerman ini memang tidak memasang biaya kuliah 0 poundsterling. Namun untuk cakupan biaya pendidikan di Jerman, biaya kuliah di TU Dresden tergolong murah yakni GBP346 atau sekira Rp5,9 juta. Kendati demikian, biaya hidup di Jerman harus dibiayai sendiri dan anggaran yang perlu dipersiapkan yakni GBP5.101 atau setara Rp87,6 juta.

University of the Witwatersrand, Afrika Selatan

Bila kamu ingin mencoba kuliah di luar Eropa dan mencoba di daratan Afrika, mungkin University of the Witwatersrand bisa menjadi pilihan. Pasalnya, universitas negeri riset ini masuk ke dalam jajaran universitas termurah di dunia versi THE. Walaupun tak semurah TU Dresden dan tak gratis seperti dua universitas di Italia, Wits University ini menawarkan biaya kuliah sebesar GBP4.392 atau setara Rp75,4 juta. Sementara biaya hidupnya mencapai GBP1.513 atau Rp26 juta.

Kamu tertarik?

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming