Image

Adu Cepat Dua Mobil Bermesin Twin Turbo, Siapa yang Menang?

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa, 12 September 2017 - 06:13 WIB
Adu cepat Panamera dan E63 S (Evo/Youtube) Adu cepat Panamera dan E63 S (Evo/Youtube)

LONDON - Porsche Panamera Turbo dan Mercedes-AMG E63 S merupakan sosok sedan empat pintu yang hadir dengan nuansa sporty baik dari sisi ekstrior maupun interior. Tidak cuma sporty, tenaga kedua mobil Eropa itu berada di atas 500 hp. Menariknya setiap mesin yang digendong masing-masing mobil sudah dilengkapi dengan twin turbo.

Lantas bagaimana jika Panamera dan E63 S diadu dalam satu trek lurus sejauh 400 meter? Kira-kira siapa yang sampai lebih dulu di garis finis. Sebelum mengetahui lebih jauh  pemenangnya, lebih baik mengintip dapur pacu dari masing-masing mobil.

(Baca juga: Jika Dua Mobil Bertenaga 500 Hp Diadu, Siapa yang Menang?)

Di atas kertas Porsche Panamera Turbo sudah dibekali mesin V8 berkapasitas 3.996 cc twin turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekuat 542 hp dan torsi puncak 568 lb-ft. Tenaga disalurkan ke semua roda lewat transmisi otomatis dual clutch delapan percepatan. Dengan berat tubuh sekira 1.995 kilogram, mobil ini memiliki kemampuan melaju dari posisi diam sampai 100 kilometer per jam dalam 3,6 detik dan kecepatan maksimal 310 km/jam.

Sedangkan Mercedes-AMG E63 S menggendong mesin V8 berkapasitas 3.982 cc twin turbo yang menghasilkan tenaga sebesar 603 hp dan torsi puncak 627 lb-ft. Hasil kinerja mesin dikirim ke empat roda melalui transmisi otomatis sembilan percepatan. Berat bodi mobil secara keseluruhan sekira 1.880 kg. Akselerasi dari 0 sampai 100 km/jam dalam 3,4 detik dan kecepatan tertinggi 250 km/jam.

Bila dilihat dari spesifikasi standar pabrikan, sangat jelas bila Mercedes-AMG E63 S lebih unggul terutama dalam tenaga dan berat kendaraan.

(Baca juga: Adu Cepat Grand Cherokee SRT Vs Mobil Klasik Hot Rod, Siapa yang Menang?)

Pada saat berada di trek lurus kedua mobil tersebut mampu mencapai kecepatan 96 km/jam tidak lebih dari 3,4 detik. Tapi ketika melewati 160 km/jam keduanya mulai terpisah. Jadi siapakah pemenangnya? Berikut ini videonya. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming