Image

Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Ikuti Perubahan Zaman, Munculkan Jurusan Kuliah Baru

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 14:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 11 65 1773514 presiden-jokowi-minta-perguruan-tinggi-ikuti-perubahan-zaman-munculkan-jurusan-kuliah-baru-knn1uoCrWS.jpg Presiden Jokowi saat menghadiri Dies Natalis Unpad. (Foto: Antara)

BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, perguruan tinggi mengikuti perubahan zaman, dengan melakukan penyesuaian akademik.

Harapan itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan orasi ilmiah dihadapan sivitas akademika Universitas Padjadjaran (Unpad) dan tamu undangan lainnya pada acara Dies Natalis Unpad, di Graha Sanusi, Unpad, Senin (11/9/2017).

Menurutnya, perubahan zaman atas munculnya bisnis berbasis online, telah merubah tatanan ekonomi masyarakat dan landscape politik global. Tatanan ekonomi berubah dari tingkat daerah hingga nasional.

Hampir 30% mal dan toko konvensional tutup. Akibatnya, banyak tenaga kerja yang menganggur. Perubahan yang sangat cepat itu, kata dia, mestinya bisa diantisipasi kalangan perguruan tinggi termasuk Unpad.

(Baca juga: Dirgahayu Ke-60 Universitas Padjadjaran, Terima Kasih Presiden Jokowi)

Unpad diminta mampu bertransformasi menciptakan jurusan atau fakultas sesuai perkembangan zaman. "Kita harus berani berubah, bertahun-tahun saya lihat universitas kita fakultasnya tidak berubah," kata Jokowi

"Fakultas ekonomi jurusannya manajemen, akutansi, pembangunan, tiga itu wajib ada.
Kenapa tidak berani merubah, fakultas ekonomi bisa menjadi misalnya logistik manajemen, retail manajemen, toko online," imbuhnya.

Menurut Jokowi, sebagai agen terdepan perubahan dan pembangunan, universitas harus melakukan langkah antisipasi. Dunia berubah sangat cepat, teknologi, lalu lintas informasi, dan inovasi terus berkembang.
 
"Bukan hanya perubahan parsial dan gradual tapi juga perubahan fundamental. Sekarang dalam posisi transisi, bukan di kota tapi juga di desa," ucapnya.

Menurut dia, perubahan yang begitu cepat itu didukung juga oleh perkembangan penggunaan internet di Indonesia. Saat ini, pengguna internet di Indonesia mencapai 144 juta orang. Indonesia termasuk tiga besar. Artinya masyarakat sudah melek teknologi.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini