Image

Ditantang Presiden Jokowi Buka Jurusan Kekinian, Nih Respon Rektor Unpad

Oris Riswan, Jurnalis · Senin 11 September 2017, 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 11 65 1773680 ditantang-presiden-jokowi-buka-jurusan-kekinian-nih-respon-rektor-unpad-YAH1YLNfNj.jpg Rektor Unpad (Foto: Oris Riswan/Okezone)

BANDUNG - Presiden Joko Widodo memberikan tantangan kepada Universitas Padjadjaran (Unpad) dan kampus lain untuk membuka jurusan baru yang sesuai dengan perkembangan zaman atau kekinian. Dengan begitu, kampus akan lebih berkembang dan jurusannya tidak itu-itu saja.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam orasi di sela Puncak Peringatan Dies Natalis ke-60 Unpad di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad, Kota Bandung, Senin (11/9/2017). Lalu, bagaimana respon Unpad?

Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad mengatakan pihaknya sudah membuka program studi (prodi) baru yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Kita sudah membuka prodi-prodi yang tidak konvensional, misalnya ada inovasi regional, pembangunan berkelanjutan. Itu sudah kita buka," kata Tri.

Diakuinya, prodi baru seperti itu memang sebuah keharusan. Sebab, hal itu untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Sehingga, para lulusan Unpad akan memiliki daya saing yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

"Memang menghadapi tantangan (zaman) harus ada inovasi, enggak bisa berbicara prodi-prodi seperti yang dulu lagi," ucap Tri.

Selain dua prodi itu, Unpad juga sedang mempersiapkan diri membuka prodi lain. "Kita akan buka prodi untuk ekonomi digital dan satu lagi berbicara tentang media, media ini bukan saja berbicara tentang teknologinya, tapi substansinya," jelasnya.

Meski begitu, ia belum berbicara secara rinci soal dua prodi baru tersebut. Rencananya, prodi itu akan dibuka tahun depan saat memasuki tahun akademik baru. Ia hanya memberi sedikit gambaran bahwa prodi baru itu melakukan pendekatan transdisiplin, misalnya melibatkan hukum dan teknologi informasi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini