Image

Kurangi Emisi, Beberapa Produsen Mobil Akan Hentikan Jual Kendaraan Bermesin Diesel

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Selasa 12 September 2017, 09:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 12 15 1774038 kurangi-emisi-beberapa-produsen-mobil-akan-hentikan-jual-kendaraan-bermesin-diesel-SjJizi6z4H.jpg Ilustrasi knalpot mobil (Motoring)

PARIS - Semakin ketatnya aturan emisi gas buang di Eropa, memaksa beberapa produsen mobil mengeluarkan rencana untuk mengurangi menawarkan kendaraan bermesin diesel, ada juga yang bakal menghentikan produksinya.

Honda Motor belum lama ini telah menyatakan akan menghentikan produksi dan penjualan kendaraan bermesin diesel di Eropa. Selain karena aturan emisi yang semakin ketat, dengan cara ini Honda berharap bisa mempercepat peralihan dari kendaraan berbahan bakar fosil ke listrik dan kendaraan hijau lainnya secara global.

(Baca juga: Prancis Akan Hentikan Penjualan Mobil Bensin & Diesel)

Sebagai langkah awal mengurangi penawaran mobil diesel, Honda hanya mendatangkan CR-V versi bensin dan hybrid di Eropa. Demikian seperti dilansir dari Nikkei.

Honda berencana untuk memasarkan mobil bertenaga listrik, hybrid dan full electric dengan target sekira dua pertiga dari total penjualan keseluruhan model di pasar Eropa pada tahun 2025.

Selain Honda, produsen mobil lain yang sudah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan di Eropa adalah Subaru. Pabrikan mobil asal Jepang ini telah menghentikan pengembangan dua model diesel, termasuk SUV Legacy Outback yang dijual di Eropa dan Australia.

Mitsubishi Motors dikabarkan akan menunda merilis Eclipse Cross versi diesel, yang seharusnya dijadwalkan pada musim gugur tahun ini. Perusahaan ini awalnya ingin meluncurkan versi diesel pada tahun fiskal yang tengah berjalan saat ini, namun mereka mengubah rencananya.

Mobil dari negara lain juga mengambil langkah yang sama. Jaguar Land Rover dari Inggris menyatakan bahwa hanya akan membuat kendaraan listrik mulai 2020.

Porsche juga akan mengurangi penawaran mobil bermesin diesel. Perusahaan Jerman tersebut tidak menghadirkan versi diesel di SUV Cayenne yang baru saja meluncur pada Agustus. Mobil asal Swedia, Volvo rencananya akan beralih ke kendaraan bermesin listrik mulai 2019.

(Baca juga: Ikuti Tren, China Cari Waktu yang Tepat untuk Hentikan Penjualan Mobil Bensin & Diesel)

Selain biaya pengembangan mesin diesel sangat tinggi popularitasnya sekarang mulai menurun pasca skandal emisi gas buang kendaraan Volkswagen. Hal itu pula yang membuat beberapa produsen mobil ragu untuk mengembangkan mesin diesel terbaru. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini