Image

Wow! Eks Pembalap F1 Pecahkan Rekor Dunia, Pacu Mobil 0-400-0 Km/Jam dalam 42 Detik

Anton Suhartono, Jurnalis · Selasa, 12 September 2017 - 10:37 WIB
Juan Pablo Montoya pecahkan rekor dunia menggunakan Bugatti Chiron (Bugatti) Juan Pablo Montoya pecahkan rekor dunia menggunakan Bugatti Chiron (Bugatti)

PARIS - Pabrikan hypercar Prancis, Bugatti, memilih mantan pembalap Formula One (F1) Juan Pablo Montoya untuk memecahkan rekor kecepatan menggunakan mobil Chiron.

Pada kesempatan itu Chiron dipacu dari kecepatan 0 hingga 400 kilometer per jam lalu kembali berhenti. Total waktu yang dibutuhkan dalam melaju 0-400-0 hanya 41,96 detik. Pemegang gelar juara grand prix F1 Monaco itu memacu mobil tercepat sejagat versi produksi itu di trek sepanjang 3,1 kilometer.

(Baca Juga: Ketika Cristiano Ronaldo Kepincut Bugatti Chiron)

"Ini benar-benar luar biasa, tidak perlu persiapan yang rumit untuk memacu kendaraan dari 0 ke 400 km/jam lalu balik lagi ke 0 (dalam waktu cepat). Dengan Chiron, semua dilakukan dengan mudah, hanya memulai dan selesai, luar biasa," katanya.

Ia mengaku tidak menggunakan alat pelindung bahu dan kepala bernama HANS dalam pemecahan rekor ini. Biasanya HANS digunakan oleh pembalap di ajang Nascar atau adu kecepatan mobil berisiko tinggi lainnya.

Mobil yang digunakan dalam pemecahan rekor ini masih dalam kondisi standar. Di bagian depan diberi tanda angka '42' yang menunjukkan lama waktu mulai berakselerasi dari 0 sampai 400 km/jam lalu berhenti kembali. Selain itu, 42 adalah nomor yang digunakan Montoya dalam ajang Nascar.

(Baca Juga: Pengiriman Hypercar Bugatti Chiron Pertama di Dunia Bikin Heboh)

Awalnya Bugatti tidak memberi tahu siapa pembalap yang dipilih untuk memecahkan rekor dunia ini. Ia pun diberi kabar cukup mendadak. Meski demikian pemecahan rekor ini tidak memerlukan persiapan yang khusus.

"Saya tandai tanggalnya di kalender," ungkapnya.

Bugatti Chiron dipersenjatai mesin 8 liter, W16, quad-turbo, yang mampu memproduksi tenaga 1.500 bhp. Dengan tenaga itu, Chiron mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu tidak sampai 2,5 detik dengan kecepatan maksimum 417 km/jam.

Dalam pemecahan rekor ini, Montoya membutuhkan waktu 32,6 detik untuk berakselerasi mencapai kecepatan 400 km/jam sebelum menekan pedal rem hingga mobil berhenti di 0 km/jam.

Mobil seharga USD2,6 juta atau sekira Rp33,8 miliar (kurs USD1=12.994) ini dibuat untuk menggantikan Veyron yang juga pemegang gelar mobil versi produksi tercepat di dunia. Rencananya Bugatti hanya akan memproduksi 500 Chiron. Hingga kini mobil sudah dipesan sekira 220 unit, namun sepanjang tahun ini Bugatti hanya mampu membuat 75 unit. Maklum saja, Chiron dibuat secara manual.

(Baca Juga: Dibanderol Rp34 M, Bugatti Chiron Sudah Terjual 200 Unit)

Sementara itu Montoya sendiri kini berlaga di ajang Nascar setelah pensiun dari grand prix F1. Kariernya di ajang balap cukup gemilang. Ia pernah menjuarai ajang Indy 500 dua kali dan Daytona 24 Hours tiga kali.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming