Image

Badai Irma Menerjang Amerika Serikat, Pabrik Mobil Hyundai dan Kia Tutup

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 06:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 12 15 1774563 badai-irma-menerjang-amerika-serikat-pabrik-mobil-hyundai-dan-kia-tutup-MWql8YxflT.jpg Pabrik Hyundai (Carscoops)

NEW YORK - Hyundai dan Kia memutuskan untuk menghentikan sementara aktivitas pabriknya, akibat Badai Irma yang melanda sejumlah wilayah Amerika Serikat (AS). Langkah ini diambil oleh kedua perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu untuk menghindari kerusakan pabrik beserta alat-alatnya.

Melansir dari Reuters, bahwa Hyundai akan menunda pengoperasian fasilitas pabrik di Montgomery, Alabama selama dua hari. Sementara Kia akan melakukan hal yang sama di pabrik Georgia selama satu hari. Akibat badai Irma dan penghentian pabrik, diprediksi penjualan Hundai dan Kia di AS akan mengalami penurunan.

(Baca juga: Salut! Nissan Sumbangkan 20 Pikapnya untuk Bantu Pemulihan Bencana Badai Harvey)

Selain itu, kedua perusahaan juga diperkirakan kehilangan produksi sekira 3.000 kendaraan.

Bila Hyundai dan Kia terpaksa menutup pabriknya, tapi beda halnya dengan Tesla Motors. Di mana perusahaan yang memproduksi mobil listrik itu terus berjalan untuk membantu penduduk Florida menghindari amukan badai Irma dengan meningkatkan produksi mobil Model S dan Model X 60 dan 60D. Semuanya dilengkapi dengan baterai berdaya 75 kWh yang bisa difungsikan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah.

Badai Irma membuat jutaan penduduk Florida tanpa listrik, dan beberapa ruas jalan-jalan tergenang banjir, serta banyak bangunan yang rusak.

Sebagaimana diberitakan, terjangan Badai Irma menghantam beberapa wilayah di antaranya yaitu Kepulauan Karibia, Kepulauan Leeward, Puerto Riko, Republik Dominika, Haiti, Bahamas dan AS.

Puluhan orang tewas di Kepulauan Karibia, dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal akibat Badai dengan kecepatan 250 kilometer per jam itu.

Status darurat telah diumumkan untuk wilayah FLorida, Georgia, Alabama, South Carolina, North Carolina dan Virginia sebelum badai kategori 5 tersebut datang. Sekira 5,6 juta orang keluar dari Florida dalam upaya evakuasi besar-besaran.

(Baca jua: Dahsyat! 500 Ribu Mobil Rusak Akibat Badai Harvey)

Gubernur Florida, Rick Scott, telah membuka semua ruas jalan tol untuk memudahkan proses evakuasi dan pemberian bantuan darurat kepada para penduduk. Semua sekolah dan kantor manajemen di Florida juga ditutup sejak Senin 4 September. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini