Image

Tepuk Tangan! Mahasiswa Indonesia Juarai Lomba Debat Tingkat ASEAN

Susi Fatimah, Jurnalis · Rabu, 13 September 2017 - 08:09 WIB
Foto: Dok UI Foto: Dok UI

JAKARTA - Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa. Catherine, mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil terpilih sebagai salah satu dari lima pemenang Association of Southeast Asian Nations Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR) Youth Debate ke-4 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada 4-6 September 2017.

Acara yang didukung oleh Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Departemen Luar Negeri AS tersebut diikuti oleh 40 mahasiswa dari 10 negara anggota ASEAN. Acara tersebut merupakan perayaan hari jadi ke-40 hubungan AS-ASEAN.

Dalam kegiatan itu, para peserta bertukar pandangan tentang berbagai isu hak asasi manusia (HAM) di Asia Tenggara, seperti hak-hak perempuan, pertumbuhan ekonomi, hak-hak warga ASEAN untuk bekerja di semua negara anggota, perlindungan lingkungan, dan pembentukan Pengadilan Hak Asasi Manusia ASEAN.

“Hak asasi manusia adalah isu krusial yang perlu lebih sering didiskusikan, terutama oleh kaum muda,” ujar Catherine seperti dilansir dari laman UI, Rabu (13/9/2017).

Menurut Catherine, ajang ini merupakan kesempatan baginya untuk belajar dan berdiskusi mengenai berbagai pemikiran dan perspektif tentang isu hak asasi manusia di ASEAN dengan kaum muda dari kawasan Asia Tenggara lainnya.

Sementara itu, Seree Nonthasoot, Perwakilan Thailand untuk AICHR, mengatakan, selain sebagai bentuk perayaan HUT ASEAN ke-50, kegiatan ini sebagai ajang para pemuda untuk berdebat tentang berbagai isu hak asasi manusia yang paling mendesak saat ini.

“Para mahasiswa ini adalah bagian dari komunitas pemimpin muda secara keseluruhan yang memberikan inspirasi kepada semua warga ASEAN untuk berpikir lebih kritis tentang masalah hak asasi manusia di kawasan ini,” jelas Duta Besar Daniel Shields, Pelaksana Tugas Duta Besar AS untuk ASEAN yang memberikan sambutan saat acara penganugerahan Youth Debate.

“Amerika Serikat gembira dapat mendukung kegiatan debat ini, dan kami yakin bahwa kegiatan ini akan berkontribusi membangun ASEAN yang lebih kokoh,” tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming