Image

Lewis Hamilton Ungkap Mobil F1 Versi Jalanan 'Project One', Harganya Rp41,5 M

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 00:56 WIB

FRANKFURT - Pembalap Formula One (F1) dari tim Mercedes Benz, Lewis Hamilton, memperkenalkan mobil F1 versi jalanan, hypercar Mercedes-AMG Project One.

Tidak salah jika pabrikan automotif berlogo ‘three point star’ itu memilih Hamilton untuk membuka selubung mobil supercepat ini mengingat pengalaman segudangnya di dunia balap grand prix.

(Baca Juga: Lewis Hamilton Ternyata Penggemar Berat Ferrari, Ini Buktinya)

Peraih tiga gelar juara dunia F1 itu memperkenalkan Project One di ajang Frankfurt Motor Show 2017, didampingi CEO Daimler AG Dieter Zetsche .

Mobil ini dilengkapi dengan mesin dan teknologi yang mirip dengan mobil F1 tahun 2015 yang digunakan Hamilton, termasuk penggunaan mesin hybrid-nya.

(Baca Juga: Lewis Hamilton Tepergok Kendarai Supercar Rp19 Miliar Bersama Justin Beiber)

Project One dibuat untuk merayakan ulang tahun ke-50 AMG, sayap mobil sport dari Mercedes Benz. Mobil ini ditenagai dengan mesin bensin berkapasitas 1,6 liter, V6, turbocharged, yang dipadukan dengan empat motor listrik. Tenaga yang dihasilkannya mencapai lebih dari 1.000 hp. Akselerasi dari 0-198 kilometer per jam dapat dicapai dalam waktu kurang dari 6 detik dengan kecepatan maksimum mencapai 347 km/jam.

Project One bisa dioperasikan hanya mengandalkan motor listrik, namun jaraknya tidak jauh yakni hanya sekira 26 km.

Suasana interiornya dibangun dengan atmosefer layaknya mobil F1, termasuk penggunaan setir dengan banyak tombol. Namun tidak seperti mobil F1 yang hanya punya satu tempat duduk, tampung Project One dibuat dua orang.

(Baca Juga: Setelah Mercy A45 AMG & LaFerrari, Lewis Hamilton Beli McLaren P1)

"Mercedes Benz sudah membuat sejarah, ini luar biasa. Belum ada yang melakukan hal ini dengan baik sebelumnya. Saya berharap menjadi pemilik pertamanya," ungkap Hamilton, seperti dikutip dari MailOnline.

Ia pun mengungkapkan perasaannya saat memasuki mobil ini. Itu pertama kalinya saya duduk di dalam mobil. “Saat mesin dinyalakan, saya tersenyum seperti sedang berada di pit," ungkap pria kelahiran Inggris, 32 tahun lalu itu.

Mercedes Benz akan mulai memproduksi Project One pada 2019. Hanya 275 unit Project One yang akan diproduksi dengan harga 2,4 juta poundsterling atau sekira Rp41,5 miliar. Tapi, jangan harap bisa memilikinya, karena semua unit sudah ludes dipesan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming