Image

Wow! Produsen Mobil AS Ini Klaim Sudah Menciptakan Mobil Tanpa Sopir

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 06:10 WIB
Mobil otonom GM (Carscoops) Mobil otonom GM (Carscoops)

WASHINGTON - General Motors dan divisi mengemudi otomatis, Cruise Automation telah mengumumkan bahwa mereka sudah berhasil menciptakan kendaraan fully autonomous pertama di dunia tanpa memerlukan sopir.

Dalam penyataan yang dipublikasikan oleh Carscoops, chief executive dan pendiri Cruise Automation, Kyle Vogt mengatakan bahwa perusahaan tersebut telah berhasil memproduksi mobil tanpa sopir generasi ketiga yang sudah mengantongi semua persyaratan keselamatan. Dengan begitu mobil tanpa lingkar kemudi itu mendapat predikat aman untuk melaju di jalan raya.

(Baca Juga: Ford Tunjukkan Perkembangan Teknologi Otonom)

Mobil tanpa sopir yang dimaksud perusahaan adalah Chevrolet Bolt yang sudah mengalami perombakan besar. Cruise Automation mengatakan bahwa pihaknya memiliki semua perangkat keras yang diperlukan untuk membangun kendaraan full otonom di pabrik perakitan yang mampu memproduksi mobil lebih dari 100 ribu unit per tahun. Sama seperti Tesla, perusahaan akan melakukan penyempurnaan pada perangkat lunak.

Sebelum mobil berteknologi otonom, Bolt sampai ketangan konsumen, perusahaan akan terlebih dulu memperkenalkan versi prototipenya di jalan-jalan di San Francisco, Amerika SErikat (AS). Nantinya mobil tersebut akan dikendalikan oleh karyawan Cruise dari kabin, selain itu untuk mengantisipasi bila sensor yang ada di mobil salah membaca keadaan sekitar.

(Baca Juga: Canggih! Ke Depan, Mobil Ford Tak Butuh Lagi Setir & Pedal)

Vogt mengatakan bahwa mobil tanpa sopir ini telah dirancang untuk membantu manusia agar lebih mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Meski dapat berjalan secara otomatis, Vogt mengimbau supaya penumpang tidak makan atau minum, dan bermain telepon genggam pada saat kendaraan berjalan. Hal itu bertujuan supaya penumpang bisa mengambil alih kendaraan jika melaju tidak pada jalurnya.

Belum diketahui kapan General Motors memproduksi dan memasarkan Bolt berteknologi otonom secara massal.

Sementara itu penggunaan mobil otonom diprediksi baru akan ramai pada 2021. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming