Share

Halimah Yacob Jadi Presiden Singapura, Perempuan Melayu Berhijab Itu Dilantik Besok

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Rabu 13 September 2017 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 18 1774923 halimah-jacob-jadi-presiden-singapura-perempuan-melayu-berhijab-itu-dilantik-besok-cFtYd0xCPN.jpg Halimah Yacob dan suaminya, Mohamed Abdullah Alhabshee. (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Halimah Yacob kini resmi menjadi Presiden Singapura terpilih setelah ia mendaftarkan dokumen keikutsertaan dalam pemilihan presiden pada Rabu 13 September. Ia pun segera dilantik sebagai presiden ke-8 Singapura.

Kantor Perdana Menteri (PM) Singapura, seperti dinukil Strait Times, Rabu (13/9/2017) merilis pernyataan resmi tentang agenda pelantikan Halimah sebagai orang nomor satu di Negeri Merlion tersebut.

"Presiden kedelapan Singapura, Ibu Halimah Yacob, akan diambil sumpahnya pada prosesi inagurasi yang akan diselenggarakan pada Kamis 14 September pukul 18.00 di Istana," demikian pernyataan Kantor PM Singapura.

BACA JUGA: Mantan Penjual Nasi Padang, Ini Sosok Perempuan Melayu Berhijab Pertama yang Jadi Presiden Singapura

BACA JUGA: Selamat! Singapura akan Miliki Presiden Perempuan Etnis Melayu Pertama

 Lambaikan Tangan, Presiden Terpilih Singapura Halimah Yacob Menyapa Pendukungnya

Halimah Yacob didampingi sang suami, Mohamed Abdullah Alhabshee, melambaikan tangan kepada pendukungnya. (Foto: Reuters)

Perempuan 63 tahun itu adalah calon tunggal yang memenuhi syarat untuk menduduki kursi presiden. Ia sendiri telah malang melintang di perpolitikan Singapura, serta menjadi ketua parlemen sejak 2013.

Pagi tadi, Halimah mendaftarkan diri ke pusat pendaftaran calon presiden Singapura di NTUC Centre. Suasana di sekitar NTUC Centre pun menjadi lautan oranye karena dipenuhi pendukung Halimah yang mengenakan warna kampanye perempuan berkerudung tersebut. Halimah ditemani tim sukses dan suaminya, Mohamed Abdullah Alhabshee (63).

"Saya merasa amat baik. Saya ingin memastikan bahwa pencalonan diri saya dapat diterima. Itu adalah hal paling penting," tutur Halimah kepada wartawan.

Sang suami tak luput dari incaran wartawan. Ketika ditanya apakah ia bangga dengan pencapaian istrinya, mantan pengusaha itu menjawab mantap, "Tentu saja!"

BACA JUGA: Mengenal Halimah Yacob, Presiden Muslimah Berdarah Melayu Pertama Singapura

 Lambaikan Tangan, Presiden Terpilih Singapura Halimah Yacob Menyapa Pendukungnya

Halimah Yacob didampingi sang suami, Mohamed Abdullah Alhabshee, melambaikan tangan kepada pendukungnya. (Foto: Reuters)

Sekira 800 pendukung Halimah yang sudah berkumpul sejak pagi bersorak saat Halimah tiba. Halimah diiringi para pengusul pencalonan dirinya yaitu Ketua Federasi Bisnis Singapura Teo Siong Seng, perwakilan Perkumpulan Perempuan Islam Singapura (PPIS),

chief executive officer Mohd Ali Mahmood, dan delapan pendukung lainnya. Seragam dengan Halimah, kebanyakan anggota kelompok itu juga mengenakan pakaian oranye, warna yang melambangkan kesatuan.

Di antara para pendukung Halimah adalah 50 anggota Serikat Kerja Industri Elektronik. Halimah menjadi sekretaris eksekutif organisasi ini pada 2004 hingga 2011 dan hingga kini masih duduk di kursi penasihat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini