Tandai Hubungan Baik, Dubes Nepal Resmikan Konsulat Kehormatan di Jakarta

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 13 September 2017 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 18 1774944 tandai-hubungan-baik-dubes-nepal-resmikan-konsulat-kehormatan-di-jakarta-0mSgcpXiQf.jpg Dubes Nepal untuk Indonesia, Malaysia dan Filipina, Niranjan Man Singh Basnyat meresmikan Konsulat Kehormatan Nepal di Jakarta, Rabu (13/9/2017). (Foto: Rahman Asmardika/Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Republik Demokratik Nepal hari ini meresmikan konsulat kehormatannya di Jakarta. Konsulat kehormatan ini menjadi perwakilan diplomatik pertama yang ditempatkan negara Asia Selatan itu di Indonesia.

Peresmian konsulat kehormatan yang digelar pada Rabu, 13 September itu dihadiri oleh Duta Besar Nepal untuk Malaysia, Filipina dan Indonesia, Dr Niranjan Man Singh Basnyat dan Konsul Kehormatan Nepal untuk Indonesia, Bally Saputra Datuk Janosati. Diharapkan, dengan dibukanya konsul kehormatan ini, hubungan kedua negara dapat berkembang di berbagai sektor terutama perdagangan, pariwisata dan politik.

"Saya sangat senang dengan dibukanya Konsulat Nepal di Jakarta karena akan membuat hubungan kedua negara semakin dekat," kata Dubes Niranjan dalam pernyataannya pada acara peresmian di Gedung Menara Hijau, Cawang, Jakarta.

"Tugas prioritas dari kantor konsulat ini adalah menangani dan melayani kebutuhan warga Nepal di Indonesia, khususnya Jakarta termasuk pengurusan visa bagi warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Nepal," tambahnya.

Setelah menerima jabatan Konsulat Kehormatan Nepal, Bally Saputra rencananya akan membawa para investor dan pengembang dari Indonesia untuk berinvestasi ke Nepal.

Kedua negara juga sepakat untuk membangun sister city di Magelang, Jawa Tengah, dan di Lumbini, Nepal. Pembangunan Sister city ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan pemeluk Budha dari Nepal ke Indonesia dan sebaliknya. Magelang merupakan lokasi berdirinya candi Borobudur yang menjadi candi terbesar agama Budha sementara Lumbini adalah tempat kelahiran Budha Gautama.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini