Share

Terpilih sebagai Presiden Singapura, Ini Janji Halimah Yacob untuk Warganya

Djanti Virantika, Okezone · Rabu 13 September 2017 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 13 18 1775109 terpilih-sebagai-presiden-singapura-ini-janji-halimah-yacob-untuk-warganya-m9N1lVveHr.jpg Halimah Yacob. (Foto: The New Paper/Asia One)

SINGAPURA โ€“ Halimah Yacob kini tengah menjadi perbincangan masyarakat dunia. Sosoknya menjadi perhatian khalayak setelah ia menjadi satu-satunya kandidat yang memenuhi syarat Pemilihan Presiden (Pilpres) Singapura 2017.

Presiden Muslimah pertama Singapura itu akan resmi menjabat sebagai orang nomor satu setelah dilantik pada besok, Kamis 14 September. Sejak hari itu, ia akan mulai memimpin Negeri Merlion โ€“julukan Singapura. Masyarakat pun akan menunggu semua janji yang telah ia berikan selama kampanye.

BACA JUGA: Halimah Yacob Jadi Presiden Singapura, Perempuan Melayu Berhijab Itu Dilantik Besok

Setelah dipastikan memenangkan pemilihan, Halimah Yacob pun menyampaikan pidato kemenangannya. Di depan ribuan pendukungnya yang mengenakan warna kebesarannya, yakni oranye, ia mengaku akan mengabdikan diri sepenuhnya untuk masyarakat Singapura.

"Saya adalah presiden untuk semua orang, terlepas dari ras, bahasa, agama, atau kepercayaan. Saya mewakili semua orang. Tugas saya hanya berlaku untuk Singapura dan Singapura. Tugas tetap saya hanya untuk Anda," ujar Presiden ke-8 Singapura itu, sebagaimana dikutip dari The Straits Times, Rabu (13/9/2017).

BACA JUGA: Mantan Penjual Nasi Padang, Ini Sosok Perempuan Melayu Berhijab Pertama yang Jadi Presiden Singapura

Politikus Melayu ini juga mengaku akan fokus dengan pekerjaannya sebagai presiden Singapura. Ia akan melakukan tugasnya dengan baik demi memajukan negaranya. Wanita kelahiran 23 Agustus 1954 itu mengaku akan membuat Singapura menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali semua orang.

"Orang-orang Singapura yang terhormat, tidak ada satu orang atau orang yang dapat mencapai tugas ini. Kami membutuhkan setiap orang Singapura untuk berdiri bahu-membahu untuk mencapai yang terbaik yang kita bisa. Kami belum mencapai puncaknya. Namun yang terbaik hanya akan tercapai jika kita bekerja sama. Oleh karena itu, kita dapat terus memperbaiki kehidupan dan anak-anak kita," tutur wanita yang pernah menjadi Ketua Parlemen dari Januari 2013 sampai Agustus 2017 itu.

BACA JUGA: Diprotes karena Terpilih Aklamasi, Halimah Yacob: Saya Presiden untuk Semua Orang

Dalam pidatonya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk turut berperan dalam memajukan Singapura. Menurut Halimah, seluruh janjinya tak bisa terwujud dengan mudah tanpa bantuan warga. Perempuan 63 tahun itu pun meminta masyarakat fokus membangun negara, tidak lagi sibuk dengan hal-hal yang dapat mengganggu kehidupan di Singapura.

"Saya meminta Anda untuk berfokus pada kesamaan yang kita miliki dan bukan pada perbedaan kita," katanya.

Kemenangan Halimah pada pilpres kali ini memang disambut baik banyak pihak. Sekira 800 pendukung telah berkumpul di pusat pencalonan sejak pukul 09.30 waktu Singapura. Mereka bersorak saat Halimah Yacob tiba.

BACA JUGA: 6 Fakta Presiden Wanita Pertama di Singapura, Nomor 5 Tidak Disangka

Warga pun berharap wanita yang mulai masuk ke dunia politik pada 2001 itu dapat membuat Singapura menjadi negara yang lebih maju. Mereka sangat optimis Halimah dapat membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik karena banyak hal yang telah dilakukan sebelum terpilih menjadi presiden. Ia telah menunjukkan kepeduliannya kepada warga miskin dan membutuhkan.

"Saya harap dia akan membawa kecerahan dan kegembiraan ke Singapura dan Singapura akan terus tumbuh dan berkembang setelah dia menjadi presiden. Dia sangat merakyat," tukas salah satu warga Singapura, Vincent Teo. (DJI)

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini