Image

Meski Pernah Gagal, Khofifah Dinilai Msasih Punya Potensi Menang di Pilgub Jatim 2018

Ahmad Sahroji, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 06:42 WIB
Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Okezone) Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dua kali kalah di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa digadang-gadang akan maju kembali pada Pilgub tahun depan.

Pengamat politik Political Literacy, Adi Prayitno menilai ada kelebihan dan kekurangan dari Khofifah sebagai seorang bakal calon gubernur.

"Dua kali nyalon menjadi kelebihan sekaligus kekurangan bagi khofifah. Menjadi kelebihan karena ia masih dikenal, setidaknya di kalangan muslimat NU. Menjadi kekurangan karena ia adalah sosok yang dua kali secara berturut-turut kalah," kata Pengamat politik dari Political Literacy, Adi Prayitno kepada Okezone, Kamis (14/9/2017).

Meski begitu, lanjut Adi, Khofifah masih tetap memiliki magnet elektoral yang berpotensi unggul di Jawa Timur. "Meski sudah dua kali nyagub, Khofifah tetap memiliki magnet elektoral yang berpotensi memenangkan pertarungan di jawa timur. Peluangnya 50:50," lanjutnya.

Menurut Adi, Potensi Khofifah di Pilgub Jatim 2018 mendatang, bergantung pada sejauh mana soliditas partai politik yang akan mengusungnya nanti. "Tergantung soliditas mesin politik nantinya," pungkas Adi.

Khofifah mengungkapkan, selama ini dirinya terus berkomunikasi dengan sejumlah elemen masyarakat dan partai, seperti dengan Partai Golkar dan PKB. Khofifah mengklaim dirinya mendapatkan banyak dukungan untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018. Namun ia tak mau menyebutkannya. Ia hanya meyakinkan dirinya dalam menerima dukungan tidak membedakan partai secara ideologis.

"Saya tidak melihat partai yang secara ideologis itu diametral yang satu dengan yang lain. Di lapangan engga begitu. Masing masing yang nasionalis, nasionalis, yang religius juga. Religius nasionalis. Jadi pada dasarnya seiring ya‎," pungkasnya.

Khofifah sendiri saat ditanya terkait pencalonannya di Pilgub Jatim, enggan berkomentar banyak.

"Tunggu saja saatnya," singkat Khofifah di kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2017).(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming