Image

Pemerintah Diminta Ajak RS Swasta agar Bermitra dengan BPJS

Fahmy Fotaleno, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 07:12 WIB
Pelayanan BPJS (Foto: Okezone) Pelayanan BPJS (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dari data BPJS Watch ditemukan fakta bahwa di DKI Jakarta baru ada 91 rumah sakit swasta yang bermitra dengan BPJS. Sementara masih ada sekitar 98 rumah sakit swasta yang belum bermitra.

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar mengatakan, dengan fakta tersebut, artinya masih banyak rumah swasta yang harus diajak untuk mensukseskan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Meski tanggung jawab menyediakan fasilitas kesehatan merupakan tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah, tapi karena keterbatasan APBN/APBD maka perlu peran swasta.

"Tentunya pemerintah pusat atau pemerintah daerah bisa menggunakan insentif pajak buat rumah sakit swasta agar bermitra dengan BPJS," ujarnya kepada Okezone, Kamis (14/9/2017).

Ia menyebutkan bahwa pada pasal 30 ayat 1 (h) UU Nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit, yang menyatakan bahwa mendapatkan insentif pajak bagi rumah sakit publik dan rumah sakit yang ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan.

Salah satu alasan agar semua rumah sakit swasta bermitra dengan BPJS agar kasus yang menimpa bayi Tiara Debora yang diduga meninggal karena ditolak Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres dengan alasan tidak menerima pasien BPJS, tidak terulang lagi.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming