Image

Tok! Komisi III Loloskan 5 Calon Hakim Agung Melalui Fit and Proper Test

Bayu Septianto, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 00:30 WIB

JAKARTA - Setelah melakukan uji kelayakan dan kepatutan, Komisi III DPR RI akhirnya menyetujui lima calon hakim agung. Nantinya lima calon hakim agung akan dilaporkan hasilnya ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik menjadi hakim agung.

Ketua Komisi III DPR, Bambang Soesatyo mengatakan kelimanya lolos secara aklamasi lantaran saat ini terjadi kekosongan posisi hakim agung di kamar pidana, kamar perdata, kamar agama, kamar militer, dan kamar tata usaha.

"Lima-limanya kita ambil keputusan secara aklamasi dengan pertimbangan bahwa memang kamar-kamar hakim ini minim sekali. Sekarang ini dikhawatirkan akan banyak menumpukan kasus-kasus yang ada di MA," kata Bambang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Bambang menilai dalam menjalani fit and proper test, kelima calon hakim agung itu cukup mumpuni, meskipun, ada beberapa kekurangan saat sesi tanya jawab.

[Baca Juga: Tok! Ini 5 Nama Calon Hakim Agung yang Diajukan KY ke DPR]

Komisi III, lanjut politikus Partai Golkar itu berpesan kepada lima calon hakim agung yang segera dilantik pada pekan depan bisa membuat citra Mahkamah Agung (MA) lebih baik.

"Pesan kami calon yang kita putusan dan dipilih dan akan kami tetapkan pada paripurna minggu depan jangan lagi nodai MA dengan korupsi," tutur Bambang.

Berikut lima nama yang lolos jadi hakim agung :

1. Hidayat Manao, Kepala Pengadilan Militer Tinggil II, Jakarta

2. Yodi Martono Wahyunandi, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Tata Usaha Negara Mahkamah Agung RI

3. Gazalba Saleh, Hakim Ad Hoc Tipikor pada pengadilan Negeri Bandung

4. Yasardi, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banten

5. Muhammad Yunus Wahab, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Palembang. (sym)  

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming