Image

Mantap! Rescue Perindo Siap Edukasikan Masyarakat Deteksi Dini Kebakaran

Muhamad Rizky, Jurnalis · Rabu, 13 September 2017 - 21:32 WIB

JAKARTA - Maraknya kasus kebakaran yang terjadi di Wilayah Ibu Kota Jakarta harus menjadi perhatian. Kebanyakan kebakaran tersebut diakibatkan arus pendek listrik, untuk itu perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengantisipasinya. Hal ini disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rescue Perindo Adin Denny.

Adin mengungkapkan, 80 persen kebakaran di Ibu Kota Jakarta diakibatkan oleh korsleting arus listrik. Untuk itu rencananya Adin melalui Rescue Perindo akan memberikan pemahaman dalam mengantisipasi kebakaran untuk mengedukasi masyarakat.

"Kalo kita analisa lihat tahun 2016 kemarin itu karena arus listrik, kemarin di Jakarta juga karena listrik," tutur Adin saat memberikan bantuan korban kebakaran di Jalanan Pam Baru Raya, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu, (12/09/2017).

Untuk itu kami lanjut Adin, akan memberikan edukasi lewat selebaran dan video dalam penggunaan listrik yang baik dan benar kepada masyarakat.

"Dalam penggunaan listrik itu harus sesuai daya, selain itu penggunaan kabel juga harus diperhatikan karena ada usianya kalo sudah retak harus diganti, dan jangan pernah menumpuk colokan karena itu semua penyebab korsleting listrik," jelas Adin.

Menurut Adin ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya kebakaran, pertama yakni penggunaan listrik, kompor minyak, dan selang kompor gas. Ia juga mengingatkan agar tidak panik dalam menangani kebakaran.

"Kalo kebakaran dari listrik matikan sikring utamanya, sementara kompor minyak matikan dengan menggunakan handuk basah, dan penggunaan selang gas harus diperhatikan kalo retak langsung ganti," sambungnya.

Dalam acara pemberian bantuan korban kebakaran tersebut, Rescue Perindo memberikan selimut, baju layak pakai, mi instan, dan juga air mineral. Sementara itu Kartini Perindo memberikan 200 paket beras yang akan dibagikan kepada korban kebakaran, Rencananya Rescue Perindo juga akan memberikan foging gratis bagi warga setempat.

Sebelumnya diketahui si jago merah melahap rumah kawasan padat penduduk di Benhil RT 15/06 Jakarta Pusat, kebakaran terjadi sekira pukul 15.20 WIB. Puluhan rumah terbakar dan 110 keluarga kehilangan tempat tinggal, saat ini para korban masih mengungsi di Masjid Ataqwa dekat dengan tempat kebakaran.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming