Image

Innalillahi, 2 Korban ABK JBB DE Rong 19 Ditemukan dalam Kondisi Tewas

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Rabu, 13 September 2017 - 20:28 WIB
Basarnas (Foto: M Bunga Ashab) Basarnas (Foto: M Bunga Ashab)

TANJUNGPINANG - Tim SAR Singapura berhasil menemukan dua korban anak buah Kapal (ABK) JBB DE Rong 19 yang hilang pascatabrakan dengan Kapal MV Kartika Segara di Selat Singapura. Kedua ABK ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa, Rabu (13/9/2017) sekira pukul 13.04 waktu Singapura.

Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang Djunaidi mendapatkan informasi penemuan dari Rescue Coordination Centre (RCC) Singapura. Kedua korban ditemukan di sekitar area lambung Kapal JBB DE Rong 19 yang tenggelam dan dievakuasi menuju Kantor Coast Guard Singapura. 

"Dua sudah ditemukan, tiga lagi masih dilakukan pencarian," ujar Djunaidi saat dihubungi melalui sambungan telefon.

Dia menuturkan, baik tim SAR Indonesia dan Singapura terus melakukan pencarian terhadap korban yang masih hilang. Dari informasi yang diperolehnya, saat ini penyelam dari pihak Singapura terus melakukan pencarian di sekitar bangkai kapal.

"Untuk penyelaman masih dilakukan oleh Tim SAR Singapura di sekitar bangkai kapal," kata dia.

Tim SAR Indonesia dan Singapura terus melakukan pencarian lima ABK JBB DE Rong 19 yang hilang pascatabrakan dengan Kapal MV Kartika Segara di Selat Singapura, Rabu 13 September sekira pukul 00.45. Kelima ABK yang hilang empat orang berkewarganegaraan China dan satu orang berkewarganegaraan Malaysia.

Sebelumnya, sebanyak 12 ABK sempat dinyatakan hilang, namun tujuh orang di antaranya berhasil ditemukan. "ABK yang hilang empat warga negara China dan satu orang WN Malaysia," ujar Kepala Kantor Basarnas Tanjungpinang Djunaidi.

Djunaidi menyampaikan, Tim SAR Indonesia bersama Tim SAR Singapura terus melakukan pencarian di sekitar lokasi perairan Pulau Senang, Singapura. "Kita masih terus membantu melakukan pencarian menyisiri sekitar lokasi kejadian," katanya.

Tabrakan kapal kembali terjadi di wilayah Selat Singapura, kali ini antara kapal MV Kartika Segara berbendera Indonesia dengan Kapal JBB DE Rong 19 berbendera Republik Dominika, Rabu 13 September sekira pukul 00.45. Dilaporkan lima ABK Kapal JB DE Rong 19 masih hilang pascatabrakan, sementara tujuh orang ABK Kapal MV Kartika selamat.

Informasinya, Kapal MV Kartika Segara berjenis kapal tanker dan kapal JBB DE Rong berjenis kapal keruk bertabrakan di posisi 01 11,11N 103 49,87E 12, wilayah Selat Singapura. Untuk membatu melakukan pencarian Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang menerjunkan KN SAR Purworejo dan TNI AL menurunkan tiga KRI yaitu KRI Surik, KRI Parang, dan KRI Parangsang, Badan Keamanan Laut (Bakamla) menurunkan KN Belut Laut.

Djunaidi menuturkan, untuk sekarang posisi Kapal MV Kartika Segara telah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Timur Singapura, sedangkan Kapal JBB Rong 19 saat ini hampir tenggelam di sekitar posisi perairan Pulau Senang.

"Sementara kita melakukan bantuan pencarian lima ABK kapal JBB DE Rong 19 yang masih hilang," kata Djunaidi saat dihubungi melalui telefon dari Singapura.

Dia menyampaikan, pencarian Tim SAR dari pihak Singapura menurunkan satu helikopter Rescue 10 Singapore, MPA 3, MPA 4, MPA 8, PSG Craft Coast Guard, PT65, PT53, PH53 SDDF Craft, Navi Craft, RSAF Air craft , 4 tugboat, dan 1 tugboat diving.

"Searching masih berlangsung, nanti ada perkembangan kita akan laporkan lagi," ujar Djunaidi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming