nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Selidiki Kemungkinan DI Penghina Ibu Negara Berkaitan dengan Kelompok Tertentu

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 13 September 2017 12:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 13 525 1774928 polisi-selidiki-kemungkinan-di-penghina-ibu-negara-berkaitan-dengan-kelompok-tertentu-Ny2WB8Ee2b.jpg Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto memberi keterangan pers terkait penangkapan DI (Foto: Antara)

BANDUNG - DI, pemilik akun Instgram warga_biasa diringkus tim Reskrim Polrestabes Bandung di kediaman orangtuanya, Kota Palembang, pada Senin 11 September malam. DI merupakan tersangka penyebar ujaran kebencian lantaran mengunggah foto ibu negara Iriana Jokowi disertai kalimat menghina.

"Selain postingan ibu Iriana, dia juga memposting lainnya, termasuk foto Pak Jokowi, dengan tulisan-tulisan yang tidak pantas," ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP M Yoris di Mapolrestabes Bandung.

Saat disinggung apakah DI t‎ergabung dengan kelompok tertentu seperti Saracen, Yoris belum dapat memastikan, namun penyelidikan masih terus dilakukan. "Kami akan ke arah sana (penyelidikan), namun saat ini fokus melengkapi bukti kasus penghinaan ibu Iriana," jelasnya.

Sementara itu, alasan DI mengunggah foto disertai kata-kata tak pantas karena ketidaksukaannya pada pemerintah.

Atas perbuatannya, DI dijerat Pasal 45 ayat 1 Jo Pasal 27 ayat 1 UU No 19 tahun 2016 tentang ITE dan Pasal 29 Jo Pasal 4 ayat 1 huruf E UU no 44 tahun 2008 tentang pornografi. "Ancaman di atas 5 tahun penjara," jelas Yoris.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini