Image

Nih 5 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Sebelum Melamar Kerja, Apa Saja?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 19:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 13 65 1775215 nih-5-keterampilan-yang-wajib-dimiliki-sebelum-melamar-kerja-apa-saja-EtZii0KTe6.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Persaingan di industri kerja kini semakin ketat. Para lulusan baru itu bukan hanya bersaing dengan manusia saja, tetapi juga dengan mesin.

Di era seperti ini, kamu tak bisa hanya mengandalkan nilai akademis dan keahlian yang dibawa dari gelar sarjana semata. Di era ini kamu membutuhkan sejumlah keterampilan halus yang sangat dicari perekrut kerja.

Apa saja keterampilan yang sangat dicari perusahaan? Berikut uraiannya seperti yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber.

Komunikasi

Hampir semua perusahaan menginginkan kandidat pekerjanya memiliki kemampuan dasar ini. Ya, komunikasi. Pengusaha menginginkan karyawan yang mampu berkomunikasi baik melalui tulisan, verbal, maupun nonverbal.

Selain kemampuan komunikasi, kamu juga harus memiliki kemampuan sebagai pendengar yang baik. Pasalnya, karyawan harus dapat memahami permintaan dari klien, atasan, maupun rekan mereka dengan baik selama proses kerja.

Kerja tim

Bekerja di dalam sebuah perusahaan sangat berbeda dengan menjadi freelancer. Menjadi karyawan perusahaan, kamu dibutuhkan kerja sama tim dalam menuntaskan pekerjaan. Untuk menanamkan keterampilan ini, kamu bisa memulainya dengan ikut organisasi kampus atau komunitas.

Berpikir kritis

Pemikiran kritis bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk memahami, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Di dalam setiap pekerjaan, pasti memiliki permasalahan, dan tak jarang kamu bisa ditunjuk sebagai pemecah masalah. Oleh sebab itu kemampuan ini sangat penting dimiliki calon karyawan perusahaan.

Berpikir kritis juga bisa diartikan sebagai memiliki pemikiran kreatif demi memajukan perusahaan atau tim kerja.

Etika

Etika memiliki penjelasan yang luas. Intinya, etika merangkum kemampuan karyawan dalam kedisiplinan kerja hingga interaksi karyawan dengan rekan-rekannya. Perusahaan biasanya menginginkan karyawan yang mengerti dan mengikuti peraturan perusahaan, jujur, dan dapat dipercaya. Etika juga bisa diartikan dengan profesionalisme kerja dan tanggung jawab.

Melek IT

Di dunia yang serba canggih ini, teknologi merupakan hal yang tak lepas di kehidupan sehari-hari. Di perusahaan, teknis kerja biasanya dilakukan oleh manusia dan perangkat elektronik. Itulah mengapa calon karyawan harus melek IT.

Dalam artian, bisa menggunakan perangkat teknologi seperti komputer atau laptop. Pasalnya, pengusaha biasanya menginginkan calon karyawan yang mengerti program-program umum semacam Microsoft Office. Selebihnya, seperti kemampuan mengedit gambar, video, atau coding dianggap sebagai nilai tambah.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini