Image

Pemadaman Listrik Akibat Badai Irma Sebabkan 5 Orang di Panti Jompo Meninggal

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 02:05 WIB
Foto keadaan salah satu lokasi di Florida, Amerika Serikat, yang diporak-porandakan Badai Irma (Foto: Shutterstock/Guardian) Foto keadaan salah satu lokasi di Florida, Amerika Serikat, yang diporak-porandakan Badai Irma (Foto: Shutterstock/Guardian)

FORT LAUDERDALE – Efek Badai Irma masih terus terasa walau fenomena alam itu sudah mulai menjauh dari wilayah Florida, Amerika Serikat. Wali Kota Broward, Barbara Sharief, mengatakan bahwa lima orang dilaporkan tewas di panti jompo akibat pemadaman listrik yang dipicu oleh Badai Irma.

Sebagaimana dikutip dari The Guardian, Kamis (14/9/2017) polisi dan pemadam kebakaran mulai melakukan evakuasi di panti jompo Rehabilitation Center yang berlokasi di Hollywood Hills pada Rabu pagi. Sayangnya evakuasi itu terbilang terlambat.

Baca juga: Aneh! Laut di Bahama Nyaris Kering 'Diisap' Badai Irma

Baca juga: Badai Irma Terjang Florida, Sebagian WNI Pilih Tak Mengungsi

Pasalnya, tiga orang ditemukan sudah dalam keadaan tidak bernyawa di panti sedangkan dua orang lagi sempat dilarikan ke rumah sakit tapi sayangnya nyawanya tidak tertolong. Sharief tidak menjelaskan detail mengenai penyebab utama meninggalnya kelima orang tersebut.

Kabar duka juga dilaporkan terjadi di Kota Daytona Beach, Florida. Satu orang disebut meninggal dunia dengan tiga lainnya menjalani perawatan akibat keracunan karena keracunan karbon monoksida yang dipicu oleh generator listrik.

Baca juga: Tiba di Daratan AS, Badai Irma Sebabkan 3 Orang Tewas

Baca juga: Badai Irma Terjang Florida, Sebagian WNI Pilih Tak Mengungsi

Pihak Pemadam Kebakaran Daytona Beach melalui Twitter menyebut bahwa generator ditemukan dalam keadaan menyala di rumah para korban. Otoritas di Florida sebenarnya sudah mengeluarkan peringatan agar menyimpan generator yang dimiliki para warga di luar rumah.

Di Orange County, otoritas keamanan menemukan tiga orang dalam keadaan tidak bernyawa sedangkan empat lainnya tidak sadarkan diri dan langsung dilairkan ke rumah sakit pada Selasa 12 September 2017 waktu setempat. Mereka disinyalir mengalami keracunan karbon monoksida juga.

Hal yang serupa juga ditemukan di Miami dengan seorang pria meregang nyawa akibat keracunan karbon monoksida. Belasan orang di Polk dan Brevard juga dirawat di rumah sakit akibat hal yang sama.

Saat ini salah satu jalan raya utama yang menjadi akses Florida ke negara lainnya dalam status rawan ditutup. Sebab terdapat indikasi banjir parah dapat terjadi di sana akibat Badai Irma.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming