Image

Menteri Pertahanan Rusia Bertemu Presiden Suriah di Damaskus, Bahas Apa?

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 12:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 14 18 1775743 menteri-pertahanan-rusia-bertemu-presiden-suriah-di-damaskus-bahas-apa-S7TsGFiDSI.jpg Bashar al-Assad. (Foto: Mirror)

DAMASKUS - Presiden Suriah Bashar al-Assad menyambut Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu yang berkunjung ke Damaskus. Kunjungan itu dilakukan setelah setelah pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Rusia menguasai kota Deir al-Zor.

"Shoigu memberikan sepucuk surat dari Presiden Rusia Vladimir Putin kepada Assad. Putin mengucapkan selamat atas keberhasilan pasukan pro-pemerintah menghancurkan pengepungan yang dilakukan oleh ISIS di kota Deir al-Zor," menurut sebuah pernyataan kepresidenan Suriah seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (14/9/2017).

Menurut Presiden Suriah Suriah, pertemuan tersebut menekankan pentingnya proses Astana dengan sebuah babak baru perundingan damai yang dijadwalkan pada hari Kamis dan Jumat. Perundingan damai ini bertujuan untuk memperkuat zona deeskalasi yang dimaksudkan untuk memungkinkan pembentukan gencatan senjata yang langgeng di Suriah.

(Baca juga: Wuih! Militer Suriah Berhasil Pukul Mundur ISIS, Hancurkan Wilayah Pengepungan)

Sementara menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Shoigu dan Assad membahas kerja sama militer dan taktis untuk penghancuran kelompok ISIS di Suriah. Keduanya terakhir bertemu pada bulan Juni 2016 di Damaskus.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa, tentara Rusia  mengklaim bahwa lebih dari 450 anggota ISIS telah terbunuh dalam serangan di Deir al-Zor.

(Baca juga: Kejam! ISIS Perdagangkan Perempuan Yazidi dengan Harga Mulai dari Rp93 Juta)

"Baru kemarin, angkatan udara Rusia melakukan lebih dari 50 penerbangan untuk membantu serangan tentara Suriah," kata pernyataan tersebut.

Hilangnya Deir al-Zor akan menjadi pukulan besar bagi ISIS, yang wilayahnya di Suriah dan negara tetangga Irak telah menyusut.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini