Image

Ngeri! Perang Geng Penjahat di Meksiko, Sedikitnya 13 Orang Tewas

ant, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 15:16 WIB
Ilustrasi. (Foto: AP/The Atlantic) Ilustrasi. (Foto: AP/The Atlantic)

KOTA MEKSIKO - Sedikit 13 orang tewas dalam pertempuran antar-kelompok penjahat yang saling bersaing di dua negara bagian di Meksiko. Kejadian ini membuat aksi pembunuhan meningkat ke angka tertinggi pada tahun ini.

Lima orang tertembak di bar pada Selasa di ibu kota negara bagian Guanajuato tengah, sementara tujuh orang ditemukan tewas di dua tempat berbeda di negara bagian Michoacan, kata petugas kantor kejaksaan.

Kantor Kejaksaan Michoacan menyebutkan, tiga jasad tak utuh, termasuk jenazah seorang wanita, ditemukan di kawasan Angahuan, dekat markas kelompok narkotika Uruapan, kata .

Michoacan menjadi salah satu negara bagian paling berdarah di Meksiko akibat pertempuran antar-kelompok kejahatan yang terlibat dalam perdagangan narkotika, penculikan, pemerasan niaga setempat, seperti, pencurian mineral dan pembalakan liar.

Negara bagian tetangganya, Guanajuato juga mengalami lonjakan kekerasan.

(Baca juga: Baku Tembak di Meksiko Tewaskan 19 Orang)

Perkara pembunuhan meningkat 37 persen di Guanajuato pada tujuh bulan pertama tahun ini, dibandingkan dengan tahun lalu.

Jumlah perkara pembunuhan meningkat di atas data 2011, tahun paling mematikan ketika Meksiko berada di bawah kepemimpinan mantan presiden Felipe Calderon yang mengerahkan tentara untuk memerangi kelompok narkotika.

Secara nasional, terdapat 14.190 penyelidikan perkara pembunuhan pada tujuh bulan pertama tahun ini, jumlah tertinggi yang tercatat hingga Juli untuk tahun manapun dalam pencatatan sejak 1997.

Peningkatan jumlah kekerasan menurunkan ketenaran Presiden Enrique Pena Nieto dan Partai Revolusioner Institusional (PRI) menjelang pemilihan presiden pada tahun depan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming