Image

Netral Jaga Perdamaian Dunia, Swedia Akhirnya Gelar Latihan Perang Terbesar Sepanjang 20 tahun

ant, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 17:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 14 18 1776003 netral-jaga-perdamaian-dunia-swedia-akhirnya-gelar-latihan-perang-terbesar-sepanjang-20-tahun-m1Bvk3fAKr.jpg Foto: Reuters

GOTHEBORG - Swedia sejatinya adalah negara netral. Bahkan, Swedia juga tidak menjadi negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), organisasi dunia yang aktif menjaga perdamaian antarnegara serta mencegah perang. Namun pekan ini, Swedia menurunkan 19 ribu tentara dalam latihan perang terbesar dalam 20 tahun terakhir.

"Situasi keamanan terus berkembang ke arah yang buruk," kata Micael Byden, komandan pasukan bersenjata Swedia, saat mempresentasikan rencana latihan perang yang akan berlangsung selama tiga pekan tersebut, seperti dilaporkan Reuters, Kamis (14/9/2017).  

Dalam latihan perang itu, Swedia akan melakukan simulasi serangan dari arah timur Pulau Baltik, Gotland, di dekat daratan utama Swedia. Sekira 1.500 tentara dari Amerika Serikat, Prancis, Norwegia, dan sejumlah negara anggota NATO lain juga turut berpartisipasi dalam latihan perang yang dinamai Aurora itu.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini