Image

Halimah Yacob Terpilih Jadi Presiden Singapura, Kemenlu RI Ucapkan Selamat

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 19:16 WIB
Presiden Singapura, Halimah Yacob. (Foto: Strait Times) Presiden Singapura, Halimah Yacob. (Foto: Strait Times)

JAKARTA - Singapura akhirnya resmi mendapatkan presiden baru. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Negeri Merlion yang menjadi tetangga dekat Indonesia itu dipimpin oleh seorang presiden berjenis kelamin perempuan.

Halimah Yacob petang ini resmi mengucapkan sumpah jabatannya di Istana Negara Singapura. Upacara sakral tersebut berlangsung di Ruang Negara dan dihadiri oleh para menteri, pejabat pengadilan dan pejabat tinggi Singapura.

Menanggapi hal ini, melalui Juru Bicara Armanatha Nasir yang juga akrab disapa Tata, pihak Kementerian Luar (Kemenlu) Negeri turut mengucapkan selamat atas terpilihnya Halimah Yacob.

"Tentunya kita mengucapkan selamat, pertama kepada Singapura dan kepada Presiden Yacob yang merupakan presiden perempuan pertama. Ini tentunya tidak saja hal yang bersejarah ya, namun juga memberikan inspirasi kepada kita semua di kawasan. Kita sendiri (Indonesia) sudah pernah dipimpin oleh presiden perempuan dan dengan ini ada lagi pemimpin di ASEAN dari kaum perempuan," ujar Tata di Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Baca Juga: Sah! Halimah Yacob Resmi Dilantik Jadi Presiden Perempuan Pertama di Singapura

Baca Juga: Jadi Presiden, Halimah Yacob Bawa Kesejukan untuk Hubungan Singapura di ASEAN

Terpilihnya Halimah Yacob terbilang cukup istimewa, karena pada tahun ini Indonesia-Singapura sendiri merayakan hubungan diplomatik yang telah terjalin selama 50 tahun. Dengan terpilihnya Yacob, Tata menambahkan, ke depannya Indonesia percaya sosok Presiden Singapura yang baru ini akan terus mempererat hubungan kedua negara.

"Ke depannya tentunya kita yakin Presiden Halimah Yacob akan senantiasa bekerja untuk mempererat hubungan kedua negara. Sehingga nantinya kita akan mampu lebih berkontribusi untuk kesejahteraan rakyat kedua negara," imbuh Tata.

Sebagaimana diberitakan, Halimah Yacob menjadi Presiden Singapura menggantikan Tony Tan Keng Yam dan akan mengabdi selama enam tahun masa jabatan. Halimah Yacob berhasil mencetak sejarah menjadi presiden Muslimah berdarah Melayu pertama di Singapura.

Baca Juga: 7 Presiden Singapura Pendahulu Halimah Yacob, Siapa Saja Ya?

Baca Juga: Mantan Penjual Nasi Padang, Ini Sosok Perempuan Melayu Berhijab Pertama yang Jadi Presiden Singapura

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR Republik Indonesia (RI), Hanafi Rais, kemenangan wanita berusia 63 tahun itu juga percaya jika Halimah akan dapat membuat hubungan Indonesia dengan Singapura menjadi lebih baik. Tak hanya bagi Indonesia, Halimah dipercaya dapat membawa Singapura memiliki hubungan bilateral yang baik dengan negara-negara lain di dunia. Mantan penjual nasi padang itu diyakini dapat membawa kesejukan untuk dunia perpolitikan Singapura.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming