Image

Keren! PM Modi dan PM Abe Resmikan Peluncuran Proyek Kereta Cepat Pertama di India

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis 14 September 2017, 20:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 14 18 1776137 keren-pm-modi-dan-pm-abe-resmikan-peluncuran-proyek-kereta-cepat-pertama-di-india-gf2irZ3gHL.jpg PM India, Narendra Modi dan PM Jepang, Shinzo Abe. (Foto: AFP)

NEW DELHI- Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi dan PM Jepang Ahinzo Abe hari ini meresmikan proyek kereta peluru atau kereta cepat pertama di India. Proyek ini bertujuan sebagai upaya untuk memodernisasi transportasi kereta api di India sekaligus untuk mempererat hubungan kedua negara.

Peluncuran atau peresmian kereta cepat ini ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh kedua orang tersebut di Kota Ahmedabad yang nantinya akan menjadi jalur kereta cepat. Rencananya, jalur kereta cepat ini akan dibuat sepanjang 508 kilometer (km) dari Kota Ahmedabad, Gujarat ke Kota Mumbai. Jalur ini mencakup terowongan sepanjang 21 km.

Sebagaimana diwartakan Strait Times, Kamis (14/9/2017), kereta cepat ini nantinya akan memotong waktu perjalanan antar kedua kota tersebut dari 8 jam menjadi hanya 3 jam. Proyek yang dibangun dengan teknologi Shinkansen milik Jepang ini menghabiskan dana sekira USD22,7 miliar dan ditargetkan akan rampung pada 2022.

PM Modi menyebut, proyek ini akan menjadi simbol persahabatan antara Jepang dan India. Ia menyatakan, bahwa peresmian ini merupakan hari bersejarah dalam hubungan bilateral kedua negara.

"Hari ini Jepang telah menunjukkan pertemanan dengan India. Proyek kereta api berkecepatan tinggi pertama di India adalah bentuk nyata dari kekuatan hubungan antara kedua negara," ujar PM Modi.

Sementara itu, PM Abe juga menyampaikan hal senada dan mengaku akan memberikan yang terbaik kepada India.

"Proyek ini adalah lambang persahabatan. Saya sangat menyukai India, saya akan melakukan apa pun yang saya bisa untuk India," terang Abe.

Di bawah kepemimpinan PM Modi, hubungan Jepang dan India terus meningkat. Sayangnya, proyek kereta cepat ini dilaksanakan tak lepas dari kritik. Sebelumnya, proyek kereta cepat dianggap terlalu mahal dan akan lebih baik jika dana dialokasikan untuk memperbaiki keseluruhan sistem perkeretaapian di India.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini