Image

VIDEO: Lucunya... Demi Jerami, Gajah Ini Nekat Hentikan Sebuah Truk yang Melaju

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis, 14 September 2017 - 23:05 WIB
Seekor gajah hentikan laju sebuah truk demi makanan. (Foto: UPI) Seekor gajah hentikan laju sebuah truk demi makanan. (Foto: UPI)

BANGKOK - Sudah bukan rahasia lagi jika gajah merupakan mamalia darat tercerdas di dunia. Atas kecerdasannya itu tak jarang, gajah menjadi hewan yang dipertontonkan kepada manusia dengan melakukan aksi menarik seperti bermain hulahoop atau sepak bola.

Tentunya gajah-gajah yang kerap beraksi di hadapan manusia ini telah melewati masa latihan yang panjang. Tetapi kecerdasan gajah tak hanya bisa kita lihat dalam pertunjukkan gajah terlatih saja melainkan juga di alam liar.

Sebuah video yang viral di Thailand beberapa waktu lalu menjadi bukti kecerdasan dari hewan darat terbesar tersebut. Seekor gajah di Taman Nasional Khao Yai, di Provinsi Nakhon Ratchasima nekat menghentikan laju sebuah kendaraan demi makanan.

Nampaknya gajah cerdas tersebut menyadari jika salah satu truk yang melintas membawa kudapan sedap untuknya yaitu jerami. Seolah mengerti targetnya, gajah besar itu langsung mendekati truk tersebut hingga truk terpaksa berhenti.

Sumber: YouTube/Worldstore VideosTv

Seorang saksi mata menyebutkan, bahwa gajah tersebut muncul secara tiba-tiba dari balik pepohonan rindang di pinggir jalan. Tepat setelah truk berhenti si gajah langsung berkeliling di sekitar truk tersebut dan mencuri sebongkah jerami.

Aksi pencurian si gajah ini kemudian direkam oleh pengendara lain, Savet Rassame (47) dan kemudian mengunggahnya ke internet.

"Gajah itu sepertinya sedang bersenang-senang. Ia menemukan makanan berupa jerami baru. Itu gajah yang sangat besar dan sedang lapar jadi aku tidak berani mendekatinya," ujar Suvet.

Kepala Taman Nasional Khao Yai, Kanchit Srinappawan mengatakan, di tempat yang dikelolanya gajah memang dibiarkan bebas berpergian. Namun, Kanchit menyebut, sangat jarang ada gajah yang nekat mendekat apalagi menghentikan laju kendaraan.

''Saya tidak tahu bagaimana gajah tahu truk itu ada di sana membawa jerami. Ia mungkin telah merasakan kehadiran makanan atau melihat jerami dari kejauhan. Gajah itu keluar dari pepohonan dan membuat supir menghentikan kendaraannya lalu mencuri jerami,'' tukas Srinappawan.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming